PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA POHON MATEMATIKA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTSN 6 TULUNGAGUNG

UMI 'AZAH FATIMAH, 17204153122 (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA POHON MATEMATIKA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTSN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (355kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Pohon Matematika terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTsN 6 Tulungagung” ini ditulis oleh Umi 'Azah Fatimah (17204153122), Jurusan Tadris Matematika, Fakulas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Minat Belajar Matematika, Hasil Belajar Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dan hasil belajar siswa yang rendah pada pembelajaran matematika. Hal ini ditambah dengan fakta bahwa pembelajaran matematika masih berpusat pada guru saja. Oleh karena itu, peneliti menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan media pohon matematika terhadap minat dan hasil belajar siswa di MTsN 6 Tulungagung. Pembelajaran Berbasis Masalah adalah model pembelajaran yang berfokus pada peserta didik untuk menyelesaikan suatu masalah dengan tetap dibimbing dan diarahkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adakah pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan media pohon matematika terhadap minat dan hasil belajar siswa, (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan media pohon matematika terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 6 Tulungagung. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan VIII-B sebagai kelas eksprerimen. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh dilakukan uji instrumen berupa uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat berupa uji homogenitas dan uji normalitas, serta uji hipotesis berupa uji MANOVA dan rumus Cohen’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah media pohon matematika terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 6 Tulungagung, yang ditunjukkan dengan diperolehnya nilai signifikansi sebesar 0,000 dengan taraf signifikansi 5%; (2) Besar pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan media pohon matematika terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 6 Tulungagung lebih besar atau lebih kecil dari 25%, yang ditunjukkan dengan diperolehnya nilai Cohen’s Effect Size sebesar 5,23856 termasuk kategorisasi tinggi dengan persentase 99,9%

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153122 Umi 'Azah Fatimah
Date Deposited: 25 Jul 2019 03:03
Last Modified: 13 Apr 2020 04:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12368

Actions (login required)

View Item View Item