STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS RENDAH SD ISLAM AL BADAR KETANON KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

WINNA MULYARTI OKTAVIA, 17205153237 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS RENDAH SD ISLAM AL BADAR KETANON KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (336kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (525kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (790kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (261kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (383kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas Rendah SD Islam Al Badar Ketanon Kedungwaru Tulungagung” Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, ini ditulis oleh Winna Mulyarti Oktavia, NIM. 17205153237, Pembimbing Dr. Fathul Mujib, M.Ag. Kata kunci: Strategi, Kemampuan Membaca Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan membaca dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi faktanya di lapangan kemampuan membaca masih rendah. Fenomena di lapangan menunjukakan bahwa di SD Islam Al Badar Ketanon Kedungwaru Tulungagung memiliki tingakat kemampuan membaca yang tinggi. Keberhasilan belajar dalam proses belajar di sekolah sangat ditentukan oleh penguasaan kemampuan membaca pada saat kelas rendah. Membaca yang dilaksanakan pada kelas rendah adalah agar siswa dapat membaca kata-kata dan kalimat sederhana dengan lancar dan tepat. Untuk itu guru perlu menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai untuk dapat menimbulkan daya tarik bagi siswa agar giat secara aktif dan kreatif dalam mengikuti kegiatan belajar khususnya dalam pembelajaran membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menjelaskan kemampuan membaca siswa kelas rendah SD Islam Al Badar Ketanon Kedungwaru Tulungagung, (2) menjelaskan proses pelaksanaan strategi untuk meningkatkan kemampuan initial reading siswa kelas rendah SD Islam Al Badar Ketanon Kedungwaru Tulungagung, (3) menjelaskan proses pelaksanaan strategi untuk meningkatkan kemampuan advanced reading siswa kelas rendah SD Islam Al Badar Ketanon Kedungwaru Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Objek yang diteliti adalah kepala sekolah, guru kelas I A dan I B, guru BK serta siswa kelas I A dan I B SD Islam Al Badar Ketanon Kedungwaru Tulungagung. Agar memperoleh gambaran realitas sesuai fenomena yang terjadi dilapangan melalui pengumpulan data dengan memanfaatkan diripeneliti sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa: 1) kemampuan membaca siswa kelas rendah SD Islam Al Badar Ketanon Kedungwaru Tulungagung ada beberapa siswa yang belum lancar membaca akan tetapi setelah dilakukan bimbingan intensif membaca peningkatan kemampuan membaca siswa sudah terlihat, 2) strategi yang digunakan dalam proses pelaksanaan peningkatan kemampuan initial rading siswa yaitu dengan strategi buttom up dengan menggunakan metode basal readers dan metode distar, 3) strategi yang digunakan dalam pelaksanaan peningkatan kemampuan advanced reading siswa yaitu dengan pembelajaran kontekstual.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153237 WINNA MULYARTI OKTAVIA
Date Deposited: 24 Jul 2019 07:05
Last Modified: 24 Jul 2019 07:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12373

Actions (login required)

View Item View Item