PENGARUH MODEL PEMBELAJARAAN EVERYONE ISA TEACHER HERE (ETH) TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI

ELMA FUADAH, 17205153257 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAAN EVERYONE ISA TEACHER HERE (ETH) TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (963kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB)

Abstract

ABSTRAK Elma Fuadah, 17205153257, 2019 “Pengaruh Model Pembelajaraan Everyone Is A Teacher Here (Eth) Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Di Mi Roudlotul Ulum Jabalsari” Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Istitute Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I Kata Kunci: Everyone is a Teacher Here, Kreativitas Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang nya kreativitas siswa dalam pembelajaran sehingga hasil belajar yang didapatkan belum maksimal atau rendah, hal ini dikarenakan guru yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional dalam proses mengajar. Oleh karena itu, peneliti yakin bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Everyone is a Teacher Here mampu meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar. Tujuan Penelitian Ini adalah : 1) Untuk menjelaskan pengaruh penggunaan model pembelajaran Everyone Is a Teacher Here (ETH) terhadap kreativitas belajar siswa pada pembelajaran PKn di MI Roudlotul Ulum Jabalsari. 2) Untuk menjelaskan pengaruh penggunaan model pembelajaran Everyone Is a Teacher Here (ETH) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di MI Roudlotul Ulum Jabalsari. 3) Untuk menjelaskan pengaruh penggunaan model pembelajaran Everyone Is a Teacher Here (ETH) terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn di MI Roudlotul Ulum Jabalsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung, teknik samplingnya menggunakan purposive sampling dengan penentuan pertimbangan homogenitas siswa yang ditunjang oleh keterangan kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji manova yang sebelumnya diuji prasayarat yaitu noermalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) terhadap kreativitas belajar siswa pada pembelajaran PKn MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tang ditunjukkan dari nilai thitung 2,456 dan Sig.(2-tailed) sebesar 0,018. Karena nilai thitung > ttabel atau 2,456 > 2,021 dan Sig.(2-tailed) 0,018 < 0,05maka H0 ditolak dan Ha diterima, (2) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung yang ditunjukkan dari nilai thitung 3,278 dan Sig.(2-tailed) sebesar 0,002. Karena nilai thitung > ttabel atau 3,278 > 2,021 dan Sig.(2-tailed) 0,002 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, (3) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaraan Everyone Is A Teacher Here (ETH) terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) di Mi Roudlotul Ulum Jabalsari yang ditunjukkan dari nilai Sig.(2-tailed) < nilai probability yaitu 0,000 dan 0,004 < 0,05maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaraan Everyone Is A Teacher Here (ETH) terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) di Mi Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12505194003 ELMA FUADAH
Date Deposited: 26 Jul 2019 01:12
Last Modified: 26 Jul 2019 01:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12374

Actions (login required)

View Item View Item