ASPEK MOTIVASI DALAM PENERAPAN METODE BRAINSTORMING PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) SISWA KELAS X DI MAN 3 TULUNGAGUNG

HIKMATUL WAFIROH, 17201153167 (2019) ASPEK MOTIVASI DALAM PENERAPAN METODE BRAINSTORMING PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) SISWA KELAS X DI MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Aspek Motivasi Dalam Penerapan Metode Brainstorming Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Siswa Kelas X di MAN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Hikmatul Wafiroh, Nim. 17201153167, pembimbing Muhammad Ridhlo Al Qodri Sri Utomo, M.A. Kata Kunci: Motivasi, Metode Brainstorming Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar siswa terhadap pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Sehingga mengakibatkan siswa bosan dan jenuh terhadap mata pelajaran SKI. Dengan pemilihan metode yang tepat dan motivasi yang pas untuk mata pelajaran SKI, maka akan efektif dalam pembelajaran berlangsung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana metode brainstorming dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas X di MAN 3 Tulungagung? (2) Bagaimana aspek motivasi dalam penerapan metode brainstorming pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas X di MAN 3 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode brainstorming dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas X di MAN 3 Tulungagung, dan untuk mendeskripsikan aspek motivasi dalam penerapan metode brainstorming pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas X di MAN 3 Tulungagung. Dalam penelitian ini, yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di MAN 3 Tulungagung, teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam, observasi non partisipatif serta dokumentasi. Analisis data dengan model interaktif, dan pengecekan keabsahan temuan dengan perpanjangan keikutsertaan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode brainstorming dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas X di MAN 3 Tulungagung yaitu adanya 3 tahapan dalam metode tersebut peraturan, tahapan dan langkah. Yaitu sama-sama membentuk kelompok diskusi dengan mengumpulkan ide/pendapat siswa sebanyak mungkin guna memecahkan masalah dari guru dengan cara di evaluasi bersama. 2) Aspek motivasi dalam penerapan metode brainstorming pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas X di MAN 3 Tulungagung yaitu memotivasi siswa dengan video dan cerita. Dimana guru menjelaskan materi pelajaran SKI, di sela-sela penjelasan guru memberikan motivasi melalui tayangan video dan cerita pendek. Setelah siswa fokus guru melontarkan masalah dan siswa menjawab permasalahan dari guru

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153167 HIKMATUL WAFIROH
Date Deposited: 25 Jul 2019 02:43
Last Modified: 25 Jul 2019 02:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12375

Actions (login required)

View Item View Item