HIKMATUL WAFIROH, 17201153167 (2019) ASPEK MOTIVASI DALAM PENERAPAN METODE BRAINSTORMING PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) SISWA KELAS X DI MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (564kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (569kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (138kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Aspek Motivasi Dalam Penerapan Metode Brainstorming Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Siswa Kelas X di MAN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Hikmatul Wafiroh, Nim. 17201153167, pembimbing Muhammad Ridhlo Al Qodri Sri Utomo, M.A. Kata Kunci: Motivasi, Metode Brainstorming Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar siswa terhadap pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Sehingga mengakibatkan siswa bosan dan jenuh terhadap mata pelajaran SKI. Dengan pemilihan metode yang tepat dan motivasi yang pas untuk mata pelajaran SKI, maka akan efektif dalam pembelajaran berlangsung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana metode brainstorming dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas X di MAN 3 Tulungagung? (2) Bagaimana aspek motivasi dalam penerapan metode brainstorming pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas X di MAN 3 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode brainstorming dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas X di MAN 3 Tulungagung, dan untuk mendeskripsikan aspek motivasi dalam penerapan metode brainstorming pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas X di MAN 3 Tulungagung. Dalam penelitian ini, yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di MAN 3 Tulungagung, teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam, observasi non partisipatif serta dokumentasi. Analisis data dengan model interaktif, dan pengecekan keabsahan temuan dengan perpanjangan keikutsertaan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode brainstorming dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas X di MAN 3 Tulungagung yaitu adanya 3 tahapan dalam metode tersebut peraturan, tahapan dan langkah. Yaitu sama-sama membentuk kelompok diskusi dengan mengumpulkan ide/pendapat siswa sebanyak mungkin guna memecahkan masalah dari guru dengan cara di evaluasi bersama. 2) Aspek motivasi dalam penerapan metode brainstorming pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas X di MAN 3 Tulungagung yaitu memotivasi siswa dengan video dan cerita. Dimana guru menjelaskan materi pelajaran SKI, di sela-sela penjelasan guru memberikan motivasi melalui tayangan video dan cerita pendek. Setelah siswa fokus guru melontarkan masalah dan siswa menjawab permasalahan dari guru
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153167 HIKMATUL WAFIROH |
Date Deposited: | 25 Jul 2019 02:43 |
Last Modified: | 25 Jul 2019 02:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12375 |
Actions (login required)
View Item |