ADI SUSELO, 1760115002 (2019) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Multisitus di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar dan Sekolah Dasar Islam Al-Munawar Kabupaten Tulungagung). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
abstract.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (655kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (505kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (476kB) | Preview |
Abstract
Pengembangan kurikulum penting dilakukan untuk meningkatkan keberhasilan sistem pendidikan secara menyeluruh. Sekolah yang tidak kreatif dan inovatif dalam mengembangkan kurikulum akan semakin tertinggal dan ditinggal oleh peserta didik serta masyarakat dunia kerja. Oleh sebab itu, kurikulum perlu dirancang dan disempurnakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara nasional serta mutu sumber daya manusia Indonesia, sehingga bangsa Indonesia memiliki daya saing dengan negara lain dalam berbagai bidang, seperti yang dilaksanakan Sekolah Dasar Islam Al-Azhar dan Sekolah Dasar Islam Al-Munawar Kabupaten Tulungagung). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan, 1). Konsep pengembangan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan, 2). Implementasi pengembangan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan 3). Implikasi pengembangan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus dengan rancangan multisitus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Myles Huberman dari reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Data dianalisis dari data kasus tunggal dan lintas kasus. Uji keabsahan data melalui kridibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan 1). Konsep pengembangan kurikulum integrasi kurikulum pondok pesantren dan kurikulum Nasional, 2). Implementasi pengembangan kurikulum, dalam pelaksanaannya dikembangkan fullday school, program unggulan tahfidz 3). Implikasi implementasi pengembangan kurikulum,siswa mampu mensinergikan antara kemampuan tahfidz Al-qur’an dengan pengetahuan umum, siswa mempunyai kebiasaan menghafal Al- quran, berkarakter religius spiritual out put yang sesuai dengan harapan stake holdernya dan lahirnya peningkatan kepercayaan masyarakat seiring dengan peningkatan mutu akademik. Temuan formal penelitian ini adalah model pengembangan kurikulum terpadu berbasis Tahfidz al-Quran. Dan dua Lembaga Pendidikan Dasar Islam Al-Azhar dan Al-Munawar Kabupaten Tulungagung dengan pengembangan kurikulum tersebut telah berhasil meningkatkan capaian hasil lulusan peserta didik baik nilai akademik maupun nonakademik. Kata Kunci: Pengembangan Kurikulum, mutu pendidikan
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 24 Jul 2019 05:28 |
Last Modified: | 24 Jul 2019 05:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12389 |
Actions (login required)
View Item |