PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTA BLITAR

MUHAMAD ALI IMRON, 17201153407 (2019) PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (40kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (108kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembelajaran Saintifik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MTsN 2 Kota Blitar” di tulis oleh Muhamad Ali Imron, NIM. 17201153407, Pembimbing: Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata kunci : Pembelajaran Saintifik, Kualitas Pembelajaran. Penelitian ini di latar belakangi oleh pembelajaran saintifik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang mayoritas guru sulit dalam melaksanakan pembelajaran. dalam hal ini peneliti mengangkat pembelajaran saintifik sebagai langkah guru dalam memberikan pemahaman materi kepada siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTsN 2 Kota Blitar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana perencanaan pembelajaran Saintifik (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Saintifik (3) Bagaimana Evaluasi pembelajaran Saintifik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MTsN 2 Kota Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Saintifik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MTsN 2 Kota Blitar. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini adalah MTsN 2 Kota Blitar. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Observasi di gunakan untuk mengamati peserta didik dari awal sampai akhir pembelajaran. Sedangan dokumentasi dan wawancara di gunakan untuk menggali data, sampel, sarana dan prasarana pembelajaran dan dokumen madrasah. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan data melalui triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui. Hasil penelitian dalam pembelajaran saintifik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MTsN 2 Kota Blitar, menunjukkan: (1) Perencanaan pembelajaran saintifik dilakukan dengan membuat perangkat pembelajaran, silabus, program tahunan, program semester, dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) (2) Pelaksanaan pembelajaran saintifik dilakukan dengan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup). (3) Penilaian atau Eavaluasi pembelajaran saintifik dilakukan dengan melakukan pengamatan maupun penugasan kepada siswa baik lisan maupun tulis, sesuai dengan instrumen yang telah di siapkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153407 MUHAMAD ALI IMRON
Date Deposited: 25 Jul 2019 03:19
Last Modified: 25 Jul 2019 03:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12409

Actions (login required)

View Item View Item