PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI MIN 14 BLITAR

SANDRA APRELYA WIJAYANTI, 17205153208 (2019) PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI MIN 14 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (611kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (176kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi berjudul “Penanaman Nilai-nilai Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Bahasa Jawa di MIN 14 Blitar” di tulis oleh Sandra Aprelya Wijayanti, NIM: 17205153208 dan di bimbing oleh Dr.H. Abd. Aziz, M.Pd.I Kata Kunci: Penanaman Nilai-Nilai Karakter, Pembelajaran Bahasa Jawa Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi dalam penanaman nilai-nilai karakter pada siswa yang sangat penting. Penanaman nilai-nilai karakter baik di sekolah maupun di rumah terlihat dari kurang banyaknya kasus bertindak curang baik berupa tindakan mencontek, kurang sopan santun, kurang adanya rasa saling menghormati dan menghargai antar teman. Oleh karena itu, penanaman nilai-nilai karakter dapat ditanamkan melalui proses pembelajaran salah satunya melalui pembelajaran Bahasa Jawa sehingga siswa dapat memiliki unggah-ungguh serta sopan santun yang baik. Fokus Penelitian pada Skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Penanaman nilai karakter toleransi melalui pembelajaran Bahasa Jawa di MIN 14 Blitar? (2) Bagaimana Penanaman nilai karakter disiplin melalui pembelajaran Bahasa Jawa di MIN 14 Blitar? (4) Bagaimana Penanaman nilai karakter gemar membaca melalui pembelajaran Bahasa Jawa di MIN 14 Blitar? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan Penanaman nilai karakter toleransi di MIN 14 Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan Penanaman nilai karakter displin di MIN 14 Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan Penanaman nilai-nilai karakter gemar membaca di MIN 14 Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, pendekatan yang dilakukan adalah melalui pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di MIN 11 Blitar. Pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sementara dalam melakukn teknik keabsahan data, peneliti melakukan perpanjangan waktu observasi, ketekunan dan keajegan pengamatan dari triangulasi data. Hasil analisis data menunjuukkan bahwa (1) Penanaman nilai karakter toleransi melalui pembelajaran Bahasa Jawa di MIN 14 mengarah ketiga sikap yaitu, menghormati dan menghargai sesama teman, bekerjasama tanpa membedakan kemampuan antar teman, dan menolong antar teman saat mengalami kesulitan. (2) Penanaman nilai karakter disiplin melalui pembelajaran Bahasa Jawa di MIN 14 Blitar ini mengarah ke 3 sikap juga yaitu, membiasakan disiplin dalam mengerjakan PR, Disiplin dalam berbahasa, dan Displin tepat waktu saat pembelajaran bahasa Jawa. Selain itu (3) penanaman karakter gemar mambaca mengarah ke 2 aspek yaitu, pemahaman dan kesadaran pentingnya gemar membaca.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153208 SANDRA APRELYA WIJAYANTI
Date Deposited: 02 Aug 2019 02:15
Last Modified: 02 Aug 2019 02:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12427

Actions (login required)

View Item View Item