BRILLIANT HASAN FARIZI, 17401153012 (2019) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT ANGGOTA MENGGUNAKAN PRODUK PEMBIAYAAN MUDHARABAH DAN MURABAHAH KOPERASI SYARIAH AL-MAWADDAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (367kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (307kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (775kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Minat Anggota Menggunakan Produk Pembiayaan Mudharabah dan Murabahah Koperasi Syariah Al-Mawaddah Samir Ngunut Tulungagung”, yang ditulis oleh Brilliant Hasan Farizi dengan dibimbing oleh Dr. H. Ahmad Muhtadi Anshor, M.Ag. Lembaga keuangan Islam di Indonesia saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya lembaga-lembaga keuangan Islam yang berdiri, jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. Hal itu ditandai dengan berkembangnya lembaga keuangan Islam dengan berbagai jenis pelayanan berbasis syariah, mulai dari perbankkan syariah, Asuransi Islam, Pengadaian Islam, dan lembaga keuangan mikro Islam. Mengadopsi dari keberadaan koperasi konvensional, koperasi syariah ialah lembaga kuangan mikro syariah yang sistem operasionalnya berdasarkan prinsip-prinsip syariah serta berlandaskan pada Al-Qur’an dan Al-Hadist. Tujuan dari koperasi syariah itu sendiri adalah untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya dan kesejahteraan masyarakat dan ikut serta dalam membangun perekonomian Indonesia berdasarkan prinsip-prinsip Islam. Koperasi syariah sebagai lembaga koperasi merupakan wadah usaha bersama yang memiliki fungsi sebagai alat perjuangan ekonomi, alat pendidikan, efisiensi usaha dan kemandirian anggota. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan strategi pemasaran yang dilakukan Koperasi Syariah Al-Mawaddah dalam meningkatkan minat anggota menggunakan produk pembiayaan mudharabah dan murabahah. (2) Untuk menjelaskan faktor penghambat Koperasi Syariah Al-Mawaddah dalam meningkatkan minat anggota menggunakan produk pembiayaan mudharabah dan murabahah. (3) Untuk menjelaskan faktor pendorong Koperasi Syariah Al-Mawaddah dalam meningkatkan minat anggota menggunakan produk pembiayaan mudharabah dan murabahah. Metode penelitian dalam pembahasan riset ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis data metode analisis data yang dikemukaan oleh Miles dan Huberman. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan ketekunan pengamatan (observasi) dan teknik triangulasi data. Dalam penelitian ini yang menjadi informan kunci adalah pihak Koperasi Al-Mawaddah, sementara untuk data pendukungnya diambil dari observasi, dokumentasi maupun pernyataan nasabah. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Koperasi Al-Mawaddah melakukan pengemasan perusahaan semenarik mungkin, mulai dari segementasi pasar, targeting, positioning, dan bauran pemasaran. Rangkain dasar tersebut menjadi satu kerangka guna menarik minat bagi anggota maupun calon anggota baru. Meskipun tidak sama 100 persen dengan apa yang diajarkan Rasulullah soal perniagaan, namun Koperasi Al-Mawaddah menerapkan garis besar apa yang telah menjadi ketentuan dasar dalam perniagaan dalam islam. Mulai dari, segmentasi dan targeting seperti apa yang dicontohkan oleh nabi Muhammad tatkala ia berdagang ke negara Syam, Yaman dan Bahrain, Positioning, bauran pemasaran melalui produk, harga, tempat, dan promosi. (2) Tidak jauh berbeda dengan kesimpulan pada penelitian yang pertama, di fokus yang dikedua koperasi syariah al-mawaddah secara garis besarnya menerapkan strategi pemaran seperti apa yang diajarkan Rasulullah Saw. Mulai dari melakukan kejian soal segmentasi pasar, targeting, uji coba positioning, dan melakukan pelayanan kepada anggota serta calon anggotanya melalui produk, harga, tempat, dan promosi. (3) Beberapa poin menjadi faktor penghambat di Koperasi Al-Mawaddah, yaitu: a. Partisipasi anggota hingga faktor kelembagaan koperasi. b. Iklim yang kurang mendukung. Beberapa poin menjadi faktor pendorong di Koperasi Al-Mawaddah, yaitu: a. Partisipasi anggota. b. Penanaman modal yang positif. c. Ketrampilan managerial.d. Jaraingan pasar yang tertata. e. Pemanfaatan keberadaan kecanggihan teknologi. f. Keberadaan pemerintah. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Minat Anggota, Pembiayaan Mudharabah dan Murabahah
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 17401153012 Brilliant Hasan Farizi |
Date Deposited: | 25 Jul 2019 07:22 |
Last Modified: | 27 Mar 2020 07:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12431 |
Actions (login required)
View Item |