PENGARUH METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS IV MI SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

OKTA VINANDA KUSUMAWATI, 17205153049 (2019) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS IV MI SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas IV MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Okta Vinanda Kusumawati, NIM 172051530149, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag. Kata Kunci : Bermain, Peran, Hasil, Belajar, Akidah, Akhlak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya pelajaran Akidah Akhlak yang masih menerapkan pembelajaran secara konvensional. Dengan pembelajaran yang konvensional, membuat peserta didik kurang aktif dan menjadikan hasil belajar peserta didik kurang maksimal. Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti menggunakan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam kegiatan belajar mengajar. Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) ini diharapkan mampu membuat peserta didik lebih memahami materi sehingga efektifitas hasil belajar meningkat. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas IV mata pelajaran Akidah Akhlak MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung? (2) Adakah pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) terhadap hasil belajar afektif peserta didik kelas IV mata pelajaran Akidah Akhlak MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung? (3) Adakah pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) terhadap hasil belajar psikomotorik peserta didik kelas IV mata pelajaran Akidah Akhlak MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan metode bermain peran (Role Playing) terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas IV mata pelajaran Akidah Akhlak MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung, (2) Untuk menjelaskan ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan metode bermain peran (Role Playing) terhadap hasil belajar afektif peserta didik kelas IV mata pelajaran Akidah Akhlak MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung, (3) Untuk menjelaskan ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan metode bermain peran (Role Playing) terhadap hasil belajar psikomotorik peserta didik kelas IV mata pelajaran Akidah Akhlak MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung, Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas IV MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Sampling Jenuh. Sampel yang dipilih adalah peserta didik kelas IV Harun sebagai kelas eksperimen dan kelas IV Dzulkifli sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Multivariate Analisis of Variance (MANOVA), yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh positif dan signifikan metode bermain peran (Role Playing) terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas IV mata pelajaran Akidah Akhlak, dengan nilai rata-rata (mean) kelas eksperimen sebesar 84,58 dan kelas kontrol sebesar 77,80. Hal ini juga diketahui dari hasil uji Multivariate Analisis of Variance (MANOVA) menunjukkan nilai Sig adalah 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Ada pengaruh positif dan signifikan metode bermain peran (Role Playing) terhadap hasil belajar afektif peserta didik kelas IV mata pelajaran Akidah Akhlak, dengan nilai rata-rata (mean) kelas eksperimen sebesar 87,29 dan kelas kontrol sebesar 75,00. Hal ini juga diketahui dari hasil uji Multivariate Analisis of Variance (MANOVA) menunjukkan nilai Sig adalah 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Ada pengaruh positif dan signifikan metode bermain peran (Role Playing) terhadap hasil belajar psikomotorik peserta didik kelas IV mata pelajaran Akidah Akhlak, dengan nilai rata-rata (mean) kelas eksperimen sebesar 81,83 dan kelas kontrol sebesar 71,16. Hal ini juga diketahui dari hasil uji Multivariate Analisis of Variance (MANOVA) menunjukkan nilai Sig adalah 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153049 OKTA VINANDA KUSUMAWATI
Date Deposited: 26 Jul 2019 03:55
Last Modified: 26 Jul 2019 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12480

Actions (login required)

View Item View Item