PENGEMBANGAN MEDIA SMART SNAKE AND LADDER TIGA DIMENSI DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS KELAS III MI/ SD

Riska Latifatul Husna, 12505174041 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA SMART SNAKE AND LADDER TIGA DIMENSI DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS KELAS III MI/ SD. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (434kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (242kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Media Smart Snake and Ladder Tiga Dimensi dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Kelas III MI/ SD” ini ditulis oleh Riska Latifatul Husna, NIM. 12505174041 dengan pembimbing Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag dan Dr. H. M. Saifudin Zuhri, M.Ag. Kata Kunci: Pengembangan, Smart Snake and Ladder Tiga Dimensi, Kosakata Bahasa Inggris Penelitian dan pengembangan dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh analisis kebutuhan yang dilakukan peneliti terhadap guru dan peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Bahasa yang harus dikuasai oleh setiap orang agar dapat berinteraksi dengan orang asing. Bahasa internasional adalah bahasa Inggris, dengan menguasai Bahasa Inggris kita dapat mengikuti perkembangan teknologi serta perkembangan zaman di negara lain yang memungkinkan kita untuk melakukan perbaikan di negara kita. Peserta didik beranggapan bahwa Bahasa Inggris itu merupakan materi pelajaran yang sulit. Bahasa Inggris termasuk kedalam bahasa asing yang saat ini menjadi tuntutan perkembangan zaman yang diberbagai aspek kehidupan sering dijumpai, namun karena kurangnya semangat peserta didik dalam belajar bahasa asing sehingga membuat mereka malas belajar. Sedangkan untuk mata pelajaran Bahasa Inggris, peserta didik dituntut untuk senantiasa menghafal berbagai kosakata dalam Bahasa Inggris. Penguasaan kosakata Bahasa Inggris sendiri sangat diperlukan dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris karena inti dari pelajaran bahasa adalah menguasai bahasa itu sendiri. Mengenal bahasa dimulai dengan mempelajari berbagai kosakata bahasa yang tengah dipelajari. Penulis berinovasi dan melakukan suatu pengembangan pada sebuah permainan sederhana yaitu ular tangga yang selanjutnya penulis kemas dalam sebuah media pembelajaran yang memadukan antara permainan ular tangga dengan papan catur yang dapat membantu guru untuk melatih penguasaan kosakata Bahasa Inggris peserta didik kelas III MI/SD. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah (1) Bagaimana Proses Pengembangan Media Smart Snake and Ladder Tiga Dimensi dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Kelas III MI/ SD? (2) Bagaimana Kelayakan Penggunaan Media Smart Snake and Ladder Tiga Dimensi dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Kelas III MI/ SD? Tesis ini bermanfaat bagi penulis untuk dapat mengembangkan media pembelajaran yang asyik dan menyenangkan untuk peserta didik usia kelas III MI/SD. Dengan menggunakan media yang mengandung unsur permainan membuat pembelajaran terasa sangat menyenangkan dan pelajaran sulit pun akan terasa asyik dan tidak menakutkan lagi bagi mereka. Permaianan ular tangga dipilih karena peserta didik sering memainkannya, hanya saja terbatas pada permainan saja tanpa disisipi pembelajaran yang bermakna. Dari hasil penelitian dan pengembangan ini, penulis menyimpulkan bahwa (1) Proses penelitian dan pengembangan ini melalui 10 tahapan menurut Borg andGall yang kemudian peneliti melakukan tahap penelitian dan pengembangan terbatas hingga 7 langkah saja dengan alasan dengan alur yang seperti ini dinilai sudah efektif dan efisien serta peneliti sudah dapat memperoleh data yang dibutuhkan untuk memperbaiki produk. Selain itu, peneliti juga mempertimbangkan keterbatasan tenaga, biaya dan waktu. Deskripsi produk Media Smart Snake and Ladder Tiga Dimensi ini terdiri dari beberapa komponen. Yang pertama yaitu papan yang berbentuk balok seperti papan catur, yang kemudian bingkainya diberi hiasan untuk menarik perhatian peserta didik. Pada papan ditempel judul Smart Snake and Ladder Tiga Dimensi, tema kosakata bahasa Inggris, kelas, intruksi, gambar-gambar pada setiap kotak kosakata yang berjumlah 30 kotak (25 berisi gambar-gambar kosakata dan 5 tidak bergambar karena untuk meletakkan ular dan tangga) dan cara bermain.Yang kedua yaitu bidak atau pion yang akan bermain, terdapat 4 bidak yang dapat digunakan untuk satu papan media Smart Snake and Ladder Tiga Dimensi ini. Bidak yang dipilih adalah bidak karakter berbagai hewan kesukaan peserta didik. Peneliti menyediakan berbagai karakter hewan sehingga 4 pemain bisa memilih sendiri bidak mana yang ingin digunakan untuk bermain.Yang ketiga adalah dadu, dimana dadu ini berfungsi untuk menentukan berapa langkah bidak akan melangkah. Dadu memiliki 6 sisi, dimana setiap sisi memiliki bulatan masing-masing. Bulatan-bulatan dibuat berwarna warni untuk menambah semangat peserta didik menggunakan media Smart Snake and Ladder Tiga Dimensi ini. (2) Untuk mengetahui kelayakan dari media Smart Snake and Ladder Tiga Dimensi ini, maka peneliti melakukan penyebaran angket validasi dari para ahli dan peserta didik. Dapat diketahui hasil dari validasi ahli media I mencapai 89% dan ahli media II 85% yang artinya media Smart Snake and Ladder Tiga Dimensi ini dapat digunakan, hasil validasi ahli materi I mencapai 100% dan ahli materi II 81% yang artinya produk sangat valid dan dapat digunakan, rencana pelaksanaan pembelajaran juga mendapat validasi dari guru kelas mencapai 94,29% dan soal post test 100% yang artinya sangat valid. Pada observasi pelaksaan pembelajaran 81,6%. Pencapaian hasil belajar yang sebelum diberi media 87,6% menjadi 97,6% setelah mendapat perlakukan dengan menggunakan media Smart Snake and Ladder Tiga Dimensi. Setelah melakukan pembelajaran peserta didik dimintai penilaian terhadap media Smart Snake and Ladder Tiga Dimensi dan mendapat persentase 99,9% yang tergolong sangat layak untuk diimplementasikan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505174041 Riska Latifatul Husna
Date Deposited: 21 Aug 2019 07:51
Last Modified: 21 Aug 2019 07:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12497

Actions (login required)

View Item View Item