MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BLITAR

NURIS SHOFIATUL FITRIAH, 17207153006 (2019) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar” ini ditulis oleh Nuris Shofiatul Fitriah, NIM. 17207153006, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Indah Komsiyah, M.Pd. Kata Kunci: manajemen kesiswaan, mutu pendidikan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena perkembangan zaman yang semakin maju dan pesat. Selain itu lembaga pendidikan dituntut untuk mengembangkan serta memajukan mutu pendidikannya. Dalam mengatasi tuntutan mutu pendidikan tersebut, maka perlu adanya upaya yang maksimal dari pihak pengelola madrasah. Kegiatan pengelolaannya yakni manajemen kesiswaan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Hal ini menjadi alasan peneliti mengangkat penelitian ini. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan kesiswaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar? (2) Bagaimana teknis penerimaan siswa baru dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar? 3) Bagaimana pembinaan siswa dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan kesiswaan dan teknis penerimaan siswa baru serta pembinaan siswa dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar. Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi kepala madrasah, beberapa waka madrasah dan guru. Teknik analisis data terdiri atas reduksi data, model data dan verifikasi kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Karena pada penelitian ini data yang diperoleh akan dikumpulkan dan diketahui kebenarannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan kesiswaan sudah dibuat atau disusun sejak awal tahun pelajaran. Perencanaan kesiswaan ini menghasilkan suatu program yang akan digunakan untuk satu tahun pelajaran baik itu yang berhubungan ekstrakurikuler atau kokurikuler. (2) penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan dua jalur, yaitu jalur prestasi dan reguler. Jalur prestasi terdiri atas akademik, non akademik, dan tahfizh. Dan untuk jalur regulernya terdiri atas seleksi tes dan menggunakan nilai ujian nasional. Setelah penerimaan siswa baru, selanjutnya adalah proses pembinaan siswa. (3) pelaksanaan pembinaan siswa terdiri dari (a) Pembinaan disiplin siswa, dengan adanya tata tertib siswa, adanya reward dan punishment (b) Pembinaan akademik meliputi pengajaran menggunakan K-13, melaksanakan kegiatan yang menunjang pembinaan akademik dengan mengadakan program study club, istighosah bersama dan (c) Pembinaan non akademik melalui kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan minat siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17207153006 NURIS SHOFIATUL FITRIAH
Date Deposited: 01 Aug 2019 01:49
Last Modified: 01 Aug 2019 01:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12502

Actions (login required)

View Item View Item