IHDA HIKMA SOLIHA, 17201153068 (2019) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MEMBENTUK BUDAYA MADRASAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (617kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (583kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar isi.pdf Download (30kB) | Preview |
|
Text
Bab I.pdf Download (522kB) |
||
Text
Bab II.pdf Download (724kB) |
||
|
Text
Bab III.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (409kB) | Preview |
|
Text
Bab VI.pdf Download (358kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (415kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pendidikan Karakter untuk Membentuk Budaya Madrasah di Madrasah Aliya Negeri (MAN) Kota Blitar” ini ditulis oleh Ihda Hikma Soliha, NIM. 17201153068, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakuktas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh: Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Pendidikan Karakter, Budaya Madrasah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya era globalisasi yaitu perkembangan moral yang mana pendidikan di Indonesia tidak hanya melahirkan insan yang cerdas akan tetapi juga harus beretika dan bermoral. Pendidikan berperan penting dalam menyalurkan hal-hal baru sebagai upaya menyeimbangi arus globalisasi kepada generasi bangsa. Perubahan tersebut dapat berupa cara bersikap dan cara bersosialisasi sehingga anak-anak menjadi tidak peduli terhadap lingkungan sekitar. Melalui penanaman karakter secara berulang-ulang sehingga mampu membentuk budaya sekolah/budaya madrasah. Maka dari itu untuk menginternalisasikan nilai karakter supaya membentuk budaya madrasah, guru dituntut terus mengembangkan berbagai strategi, cara, dan inovasi baru sesuai perkembangan dan kebutuhan zaman. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana guru PAI dalam proses pendidikan karakter untuk membentuk budaya madrasah di MAN Kota Blitar? (2) Bagaimana guru PAI dalam metode, teknik, dan taktik pendidikan karakter untuk membentuk budaya madrasah di MAN Kota Blitar? (3) Bagaimana guru PAI dalam hasil pendidikan karakter untuk membentuk budaya madrasah di MAN Kota Blitar? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi (Triangulasi sumber). Hasil penelitian ini adalah (1) Guru PAI dalam proses pendidikan karakter untuk membentuk budaya madrasah di MAN Kota Blitar yang manifestasinya dilakukan melalui pelaksanaan ubudiyyah, pelaksanaan adiwiyata, dan pembiasaan 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun). (2) Guru PAI dalam metode, teknik, dan taktik pendidikan karakter untuk membentuk budaya madrasah di MAN Kota Blitar meliputi metode keteladanan, teknik itba’ binafsik, dan taktiknya mengajak anak yaitu pembawaan yang santai mulai dari tutur kata, selalu berinteraksi dengan peserta didik, komunikasi yang baik dan menceritakan kisah suri tauladan. (3) Guru PAI dalam hasil pendidikan karakter untuk membentuk budaya madrasah di MAN Kota Blitar meliputi masih perlu adanya pengawasan, apabila ada ketidaksesuaian akan diadakan rapat, lingkungan madrasah yang tidak mendukung yang sering dikunjungi para peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153068 Ihda Hikma Soliha |
Date Deposited: | 29 Jul 2019 06:28 |
Last Modified: | 29 Jul 2019 06:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12511 |
Actions (login required)
View Item |