STRATEGI GURU UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI SD ISLAM MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

AMALIA SAHARA, 17205153278 (2019) STRATEGI GURU UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI SD ISLAM MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (117kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung” ditulis oleh Amalia Sahara, NIM 17205153278, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci: Strategi Guru, Menanamkan Karakter Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ditemui di lingkungan sekolah yaitu perilaku yang mencerminkan karakter tanggung jawab, jujur dan disiplin dalam berpakain, mengerjakan tugas. Tentunya ada peran guru dibalik semua sikap yang mencerminkan karakter tanggung jawab, jujur dan disiplin peserta didik dengan menerapkan strategi dalam pembelajaran. Dengan demikian, melalui pembelajaran diharapkan karakter tanggung jawab, jujur dan disiplin dapat terbentuk menjadi pribadi yang berbudi luhur. Penelitian ini memiliki 3 fokus penelitian, yaitu (1) Bagaimana strategi guru untuk menamkan nilai-nilai pendidikan karakter jujur di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter tanggung jawab di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter disiplin di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung? Metode yang digunakan dalam penelitian ini (1) Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, (2) Kehadiran peneliti di lapangan sebagai instrumen kunci dalam mengumpulkan data, (3) Tempat penelitian adalah SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung, (4) Sumber data penelitian dibagi menjadi tiga; people (orang), place (tempat), paper (kertas/dokumentasi). Ketiga sumber data tersebut digunakan untuk saling melengkapi informasi dan data, (5) Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, (6) Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, (7) Pengececakan keabsahan data pada penelitian ini meliputi; credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi guru untuk menanamkan nilai pendidikan karakter jujur yaitu: a. Penugasan, b. Dapur kejujuran, c. Berinteraksi atau komunikasi antara guru dan siswa, d. Membuat peserta didik merasa senang dan nyaman belajar. (2) Strategi guru untuk menanamkan nilai pendidikan karakter tanggung jawab yaitu: a. Memberi contoh yang baik kepada peserta didik, b. Mengambil hati (menarik perhatian) peserta didik, c. Membuat papan kecil, d. Adanya interaksi antara pihak sekolah dan wali siswa, e. Membagi dalam kelompok beranggotakan siswa berkemampuan heterogen, f. Membuat aturan-aturan untuk siswa dan guru. (3) Strategi guru untuk menanamkan nilai pendidikan karakter disiplin yaitu: a. Menjadi teladan dalam berkata, bersikap dan berperilaku, b. Mengaitkan materi dengan cerita yang berisikan contoh sikap atau perilaku bai dan buruk disertai hikmah dan akibat, c. Mengadakan pembiasaan-pembiasaan karakter baik yang diselenggarakan oleh sekolah, d. Fasilitas yang memadai, e. Pemberian ekstra kasih sayang. Untuk strategi ini lebih tepat dilakukan untuk kelas 1 dan 2.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153278 AMALIA SAHARA
Date Deposited: 29 Jul 2019 08:19
Last Modified: 29 Jul 2019 08:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12534

Actions (login required)

View Item View Item