UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MIN 2 BLITAR

FIRMAN AZIZ DWIYOGA, 1725143102 (2019) UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MIN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (105kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Firman Aziz Dwiyoga, 1725143102, Upaya Guru dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MIN 2 Blitar, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri IAIN Tulungagung, pembimbing: Dr. Adi Wijayanto.,S.Or.,S.Kom.,M.Pd.,AIFO. Kata Kunci: Upaya Guru, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya motivasi belajar pada peserta didik. Motivasi belajar peserta didik tersebut dapat berasal dari dalam (intrinsik) maupun dari luar (ekstrinsik) individu. Sehingga peneliti melaksanakan penelitian untuk mengetahui motivasi apa saja yang diberikan kepada peserta didik agar aktif dalam melakukan kegiatan belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana rencana guru dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik di MIN 2 Blitar?, (2) bagaimana hambatan yang dialami guru dalam menumbuhkan motivasi belajar kepada peserta didik di MIN 2 Blitar?, (3) bagaimana dampak setelah guru menumbuhkan motivasi belajar kepada peserta didik di MIN 2 Blitar? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan rencana guru dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik di MIN 2 Blitar, (2) mendeskripsikan hambatan yang dialami guru dalam menumbuhkan motivasi belajar kepada peserta didik di MIN 2 Blitar, (3) mendeskripsikan dampak setelah guru menumbuhkan motivasi belajar kepada peserta didik di MIN 2 Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, karena data yang diperoleh berupa ucapan atau tulisan dan tindakan yang diamati dari subyek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan teknik reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: berdasarkan paparan data dan diskusi hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan yaitu (1) desain atau rencana guru dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik dapat dilakukan dengan cara menggunakan metode belajar yang beragam, memberi hadiah, memberi pujian, melakukan kegiatan membaca, pendekatan secara individual, dan memberi tauladan yang baik. (2) hambatan yang dialami guru dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik antara lain: (a) perbedaan karakter peserta didik, (b) peserta didik yang kurang aktif, (c) kesulitan belajar peserta didik. (3) Dampak setelah guru menumbuhkan motivasi belajar kepada peserta didik antara lain: (a) antusiasme peserta didik mengikuti kegiatan belajar mengajar, (b) peserta didik lebih fokus, (c) peningkatan hasil belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143102 FIRMAN AZIZ DWIYOGA
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:24
Last Modified: 05 Aug 2019 04:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12540

Actions (login required)

View Item View Item