MUHAMMAD RAMADHAN, 17201153139 (2019) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MAN 2 BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (690kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (61kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (10kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (98kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (83kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (16kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (26kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa di MAN 2 Blitar” ini ditulis oleh Muhammad Ramadhan, NIM. 17201153139, Tahun 2019, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri(IAIN)Tulungagung, Pembimbing Dr. Erna Iftanti,S.S.,M.Pd. Kata kunci : Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Akhlakul Karimah. Dalam dunia pendidikan begitu penting pembentukan akhlakul karimah pada siswa karena pada sejatinya potret akhlak para siswa tersebut bisa jadi ukuran keberhasilan dan ketidak berhasilan pendidikan agama Islam, guru memiliki peran strategis dalam dalam pembentukan akhlakul karimah ini sehingga fungsi dan perannya bisa di maksimalkan, terutama guru pendidikan agama islam. Dalam hal ini peneliti membahas terkait strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa di MAN 2 Blitar. Konteks penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru PAI dalam pembentukan akhlakul karimah siswa di MAN 2 Blitar? (2) Apa kendala yang dihadapi guru PAI dalam pembentukan Akhlakul Karimah siswa di MAN 2 Blitar? (3) Bagaimana Usaha yang dilakukan Guru PAI dalam menyelesaikan kendala pembentukan akhlakul karimah siswa di MAN 2 Blitar. Adapun yang menjadi fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan strategi guru PAI dalam pembentukan akhlakul karimah siswa di MAN 2 Blitar (2) Untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru PAI dalam pembentukan akhlakul karimah siswa di MAN 2 Blitar (3) Untuk mendeskripsikan usaha yang dilakukan guru PAI dalam menyelesaikan kendala pembentukan akhlakul karimah siswa di MAN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, maksudnya data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis deskriptifmyang langsung bersamaan dengan proses pengumpulan data yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan data penelitian dan analisis yang dilakukan, maka dapat disimpulkan strategi yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan akhlakul karimah siswa MAN 2 Blitar yaitu melalui keteladanan, metode anjuran, metode ceramah, metode pemberian hukuman dan metode diskusi. Adapun kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan akhlakul karimah yaitu lingkungan masyarakat yang kurang mendukung, latar belakang siswa yang kurang mendukung, dan pengaruh tayangan televisi, internet dan media sosial. Sedangkan usaha yang dilakukan guru pendidikan agama islam dalam pembentukan akhlakul karimah siswa yaitu menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua siswa, menjalin komunikasi yang intens dengan guru PAI dan non PAI, serta melaksanakan shalat dhuha berjamaah di masjid.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153139 Muhammad Ramadhan |
Date Deposited: | 01 Aug 2019 06:44 |
Last Modified: | 09 Apr 2020 01:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12590 |
Actions (login required)
View Item |