PENGARUH METODE KARYAWISATA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TULUNGAGUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG

UMI LATIFATUZ ZAHROK, 17205153138 (2019) PENGARUH METODE KARYAWISATA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TULUNGAGUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (277kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (600kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (570kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Umi Latifatuz Zahrok, 17205153138. 2019. Pengaruh Metode Karyawisata Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di MIN 1 Tulungagung Kalidawir Tulungagung. Dosen Pembimbing Muhamad Zaini, MA. NIP.19711228199031002. Kata Kunci: Metode Karyawisata, Motivasi Belajar. Motivasi belajar siswa yang rendah disebabkan guru masih menggunakan metode pembelajaran ceramah. Sehingga siswa kurang aktif dalam pmbelajaran, guru menjelaskan semua materi sedangkan siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru, seringkali siswa tidak mendengarkan, karena lebih asyik bercerita atau gaduh dengan teman-temannya. Hal ini dapat mengganggu kelancaran dalam proses pembelajaran. Jadi seorang guru harus bisa pintar-pintar memilih metode apa yang cocok dalam materi yang akan diajarkan, apabila seorang guru salah memilih metode pembelajaran maka akan berdampak disiswa, siswa tidak faham, dan cepat bosan, dan juga motivasi belajarnya akan menurun. Banyak sekali metode pembelajaran yang dapat merangsang siswa lebih aktif dalam pembelajaran, seperti halnya metode karyawisata dimana pembelajaran ini melibatkan aktivitas siswa, sehingga siswa bisa lebih aktif, lebih cepat faham dan juga menyenangkan. Tidak hanya pada metode pembelajarannya saja yang membuat motivasi belajar siswa menurun, akan tetapi dukungan dari luar atau dari lingkungan, orangtua, ataupun teman itu juga sangat mempengaruhi motivasi belajar siswa, dan juga dukungan atau motivasi dari diri sendiri itu juga sangat penting dalam meningkatkan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk menjelaskan pengaruh metode karyawisata terhadap motivasi belajar intrinsik dalam pembelajaran IPA di MIN 1 Tulungagung Kalidawir Tulungagung. 2) untuk menjelaskan pengaruh metode karyawisata terhadap motivasi belajar ekstrinsik dalam pembelajaran IPA di MIN 1 Tulungagung Kalidawir Tulungagung. 3) untuk menjelaskan pengaruh metode karyawisata terhadap motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik dalam pembelajaran IPA di MIN 1 Tulungagung Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain non-uquivalen control group design, teknik sampling dengan purposive sampling. Sampel terdiri dari 36 subjek kelompok eksperimen dan 36 subjek kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan tes.instrumen angket digunakan untuk mengukur motivasi belajar instrinsik dan ekstrinsik siswa, dan istrumen tes digunakan untuk mengukur hasil belajar menggunakan metode karyawisata yaitu berupa pretest dan postes. Teknik analisis data menggunakan uji-t yang sebelumnya telah diuji prasyarat (homogenitas dan normalitas), kemudian dilanjutkan dengan uji anova 2 jalur (MANOVA) untuk mengetahui pengaruh metode karyawisata terhadap motivasi belajar IPA di MIN 1 Tulungagung Kalidawir Tulungagung dengan materi Ekosistem. Hasil penelitian ini adalah: 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode karyawisata terhadap motivasi belajar intrinsik dalam pembelajaran IPA di MIN 1 Tulungagung Kalidawir Tulungagung. Dengan Sig, (2-tailed) adalah 0,036. Nilai Sig, (2-tailed) 0,036 < 0,05. 2) Ada pengaruh yang positif antara metode karyawisata terhadap motivasi ekstrinsik dalam pembelajaran IPA kelas IV di MIN 1 Tulungagung Kalidawir Tulungagung. Dengan Sig (2-tailed) adalah 0,004. Nilai Sig (2-tailed) 0,004 < 0,05. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode karyawisata terhadap motivasi intrinsik dan ekstrinsik dalam pembelajaran IPA kelas IV di MIN 1 Tulungangung Kalidawir Tulungagung. Dengan Sig. Adalah 0,038. Nilai Sig 0,038 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153138 UMI LATIFATUZ ZAHROK
Date Deposited: 01 Aug 2019 08:05
Last Modified: 01 Aug 2019 08:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12608

Actions (login required)

View Item View Item