SUPYAN PRIYADI, 17201153532 (2019) IMPLEMENTASI KECERDASAN SPIRITUAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMK BUDI UTOMO GANDUSARI TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (506kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (491kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Kecerdasan Spiritual Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Membentuk Karakter Siswa Di Smk Budi Utomo Gandusari” ini di tulis oleh Supyan Priyadi, NIM. 17201153532, di bimbing oleh Dr. H. Nur Kholis, S.Ag M.Pd. Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual Dan Karakter Adanya penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena saat ini bahwasanya tingkat keberhasilan siswa hanya diukur dari faktor intelektual dan emosional siswanya dan cenderung mengabaiakn spiritual siswanya apalagi untuk anak-anak tingkat Kejuruan. Padahal nilai spiritual sangat di butuhkan pada masa sekarang ini, spiritual ini akan menjadi kontrol masyarakat untuk perilaku-perilaku yang menyimpang dari ajaran agama. Selain itu, adanya kemajuan teknologi, peningkatan IPTEK, peningkatan SDM yang memadai tidak diimbangi dengan pemikiran, perabadaban dan kebudayaan yang berkualitas. Dari keadaan tersebut lembaga pendidikan memiliki tanggung jawab untuk memberi pengetahuan, pengarahan, ketrampilan yang harus di kembangkan untuk memajukan bangsa ke depan dan menjadi insan yang baik. Salah satu pendidikan formal yang menerapkan nilai spiritual untuk siswa pada tingkat kejuruan adalah SMK Budi Utomo Gandusari. Fokus penelitian dalam penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Implementasi kecerdasan spiritual dalam pembelajaran pendidikan agama islam (PAI) untuk membentuk karakter siswa di SMK Budi Utomo Gandusari? (2) Bagaimana dampak kecerdasan spiritual dalam pembelajaran pendidikan agama islam (PAI) untuk membentuk karakter siswa di SMK Budi Utomo Gandusari? (3) Bagaimana hambatan kecerdasan spiritual dalam pembelajaran pendidikan agama islam (PAI) untuk membentuk karakter siswa di SMK Budi Utomo Gandusari? Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi. Lokasi penelitian ini di Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek, sumber datanya diperoleh melalui sumber data primer dan sekunder. Dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan data reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan ketekunan/keajegan, triangulasi, dan pengecekan sejawat. Hasil dari penelitian yang di dapat adalah: (1) Implementasi kecerdasan spiritual dalam pembelajaran PAI dalam membentuk karakter ditekankan pada pembiasaannya. (2) Dampak dari kecerdasan spiritual siswa dalam membentuk karakter melalui pembelajaran PAI itu sangat bagus. Ini di tandai dengan siswa yang memperoleh nilai yang memuaskan, siswa lebih mudah menyesuaikan diri dengan orang baru dsb. (3) Hambatan dalam mengimplementasikan kecerdasan spiritual siswa itu masih bersifat umum seperti misalnya Banyaknya siswa yang masih mbolos keika pelajaran berlangsung, waktu KBM yang sering molor beberapa menit yang membuat siswa menunggu lama serta sarana dan prasarana yang kurang memadai. Itu menjadi faktor penghambat spiritual siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153532 SUPYAN PRIYADI |
Date Deposited: | 01 Aug 2019 02:59 |
Last Modified: | 01 Aug 2019 02:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12611 |
Actions (login required)
View Item |