STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA MAN KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019

MUHAMAD WILDAN FUADI, 17201153327 (2019) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA MAN KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (274kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (903kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa MAN Kota Blitar Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Muhamad Wildan Fuadi. NIM. 17201153327. jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr. Prim Masrokan Muthohar, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Pembinaan Akhlak Tugas guru di sekolah adalah membina dan mendidik siswanya melalui Pendidikan Agama islam yang dapat membina dan membentuk akhlak para siswa dan mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Maka guru perlu menerapkan strategi dalam pembinaan Akhlakul Karimah siswa yang terdiri dari pendekatan, metode-metode dan evaluasi. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti termotivasi untuk mengadakan penelitian dan hasilnya dituangkan dalam Skripsi dengan judul Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa MAN Kota Blitar Tahun Ajaran 2018/2019. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Pendekatan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa MAN Kota Blitar. (2) Metode Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa MAN Kota Blitar. (3) Evaluasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa MAN Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode induktif dengan alur tahapan Reduksi data, Penyajian data (data display) dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan: (1) Pendekatan Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan Akhlakul Karimah siswa di MAN Kota Blitar melalui pendekatan individual dan kelompok. Pendekatan Guru dengan mengamati dan mengidentifikasi akhlaq siswa. Pendekatan GPAI dalam pembinaan juga dilakukan dengan Pendekatan partisipatifyaitu melibatkan siswa dalam berAkhlakul Karimah di dalam kelas dan di luar kelas. (2) Metode guru PAI dalam membina akhlakul Karimah siswa di MAN Kota Blitar terdiri dari Metode pemberian nasihat, Metode Keteladanan atau Uswah, dan metode Pembiasaan. (3) Evaluasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan Akhlakul Karimah siswa di MAN Kota Blitar yaitu dengan evaluasi setiap metode pembinaan yang diterapkan oleh guru. Evaluasi dalam terdiri proses membandingkan perilaku sebelum dan sesudah dievaluasi, Observasi dari pendidik, pihak terkait dan teman dan tindak lanjut. Bentuk tindak lanjut guru adalah dengan menggiatkan dan mengulangi metode-metode yang diterapkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153327 MUHAMAD WILDAN FUADI
Date Deposited: 01 Aug 2019 03:04
Last Modified: 01 Aug 2019 03:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12613

Actions (login required)

View Item View Item