BADIK ATUS ZULFA, 17201153146 (2019) PEMBIASAAN SHALAT DHUHA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI MTS IMAM ALGHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (525kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (570kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (159kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembiasaan Shalat Dhuha Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Badik Atus Zulfa, Pendidikan Agama Islam, NIM 17201153146 Tahun 2019 dibimbing oleh Faizatul Istiqomah, M.Ed. Kata kunci: Pembiasaan Shalat Dhuha, Karakter Disiplin Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan pembiasaan shalat dhuha dalam pembentukan karakter disiplin peserta didik di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung?, (2) Bagaimana hambatan pembiasaan shalat dhuha dalam pembentukan karakter disiplin peserta didik di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung?, (3) Bagaimana dampak pembiasaan shalat dhuha dalam pembentukan karakter disiplin peserta didik di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan diantaranya observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi dengan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam melakukan teknik pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi, perpanjangan penelitian, ketekunan pengamatan, dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Shalat dhuha di MTs Imam AlGhozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung dilaksanakan setiap hari senin, selasa, rabu, kamis, sabtu pada pukul 09.30-10.00 WIB. Pelaksanaan shalat dhuha berjama’ah dengan empat rakaat dua salam, kemudian membaca dzikir serta do’a. Sedangkan untuk hari jumat dilaksanakan di pagi hari pada pukul 07.00-08.00 WIB. Membaca yasin dan tahlil, setelah itu shalat dhuha secara berjama’ah dengan empat rakaat dua salam. Kemudian membaca dzikir serta do’a dan diakhiri dengan tausiah. (2) Hambatanya adalah peserta didik nampak malas diarahkan ke mushola, ini terjadi ketika awal-awal masuk sekolah sehabis libur lama, kurangnya khusyuk peserta didik, ketika waktu shalat dhuha masih ada anak yang bercanda, kurangnya pengawasan dan motivasi orang tua terhadap peserta didik mengenai shalat dhuha, letak mushola yang terpisah dengan lokasi madrasah. (3) Dampak yang dihasilkan dengan adanya pembiasaan shalat dhuha yang dilakukan secara berulang-ulang maka lama-kelamaan peserta didik akan terbiasa dan seakan-akan menjadi suatu kewajiban meskipun itu sunnah, dengan begitu dampaknya terbentuk karakter disiplin dalam diri mereka, peserta didik mampu menerapkan kedisiplinan ketika waktunya bel istirahat untuk shalat dhuha tanpa diperintah mereka langsung menuju ke mushola, dapat melatih peserta didik untuk berakhlak baik yaitu peserta didik mampu menerapkan rasa syukur atas segala anugerah yang diberikan oleh Allah, peserta didik dapat mengontrol emosi atau amarah, dapat melatih peserta didik meninggalkan sifat yang berkeluh kesah sehingga pikiran dan hati pesera didik juga menjadi lebih tenang, mendukung dan memperlancar proses belajar mengajar di kelas, dapat melatih peserta didik untuk memperkuat keimanan kepada Allah Swt., menjadikan peserta didik hormat dan patuh terhadap orang tua, guru serta peraturan di lingkungan sekolah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153146 BADIK ATUS ZULFA |
Date Deposited: | 05 Aug 2019 04:00 |
Last Modified: | 05 Aug 2019 04:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12615 |
Actions (login required)
View Item |