ANISA ROCHIM, 17205153006 (2019) PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN PESERTA DIDIK SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDAN KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (652kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (236kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (239kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (168kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penanaman Karakter Religius melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Peserta Didik di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Anisa Rochim, NIM. 17205153006, Pembimbing H. Muh. Nurul Huda, MA. Kata kunci : Karakter Religius, Kegiatan Ekstrakulikuler Latar belakang penelitian : Kegiatan keagamaan merupakan salah satu wadah dalam menanamkan karakter peserta didik, sehingga peserta didik memiliki karakter yang islami dan berbudi luhur. Dalam hal ini, kegiatan keagamaan yang diadakan oleh sekolah lebih menekankan tentang keterlibatan peserta didik dalam proses mempelajari agama secara aktif. Peserta didik akan memperoleh pengalaman langsung serta dapat terlatih untuk menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang ia pelajari. Oleh karena itu, salah satu faktor adanya perkembangan karakter religius, tergantung pada proses pendidikan yang diterima, dalam hal ini adalah kegiatan ekstrakulikuler. Dengan demikian, melalui kegiatan ekstrakulikuler diharapkan karakter religiu dapat tertanam ke dalam jiwa peserta didik, sehingga menjadi pribadi yang beriman dan bermartabat. Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana penanaman nilai-nilai karakter religius melalui ekstrakulikuler Tilawatil Qur’an peserta didik SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung? (2) Bagaimana penanaman nilai-nilai karakter religius melalui ekstrakulikuler hadtah peserta didik SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung? (3) Bagaimana penanaman nilai-nilai karakter religius melalui ekstrakulikuler tadabbur alam peserta didik SDI Miftahul Huda PlosokandangTulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan penanaman karakter religius melalui ekstrakulikuler Tilawatil Qur’an peserta didik SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan penanaman karakter religius melalui ekstrakulikuler hadrah peserta didik SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan penanaman karakter religius melalui ekstrakulikuler tadabbur alam peserta didik SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, adapun data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan sumber data primer diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumen pokok. Sedangkan, data sekunder berasal dari wawancara, kepustakaan dan buku sebagai pelengkap data primer. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian : (1) Kegiatan ekstrakulikuler qiro’ah di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung merupakan bentuk kegiatan yang mengajarkan peserta didik dalam bidang seni membaca Al Qur’an. Penanaman karakter religius pada ekstrakurikuler tilawatil qur’an terdapat pada pengkajian makna/kandungan ayat yang dibaca, sehingga peserta didik dapat menerapkan perintah/ajaran sesuai yang diajarkan Al qur’an. (2) Pelatihan hadrah di SDI Miftahul Huda merupakan kegiatan yang mengembangkan keterampilan peserta didik dalam bidang seni musik khususnya yang bernuansa islami. Penanaman karakter pada kegiatan ini dilakukan pada saat guru menceritakan kisah-kisah perjuangan Rasulullah saw, memberikan dorongan untuk menerapkan akhlak Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari agar peserta didik dapat menjadi teladan bagi teman-temannya. Kegiatan ekstrakulikuler hadrah di SDI Miftahul Huda peserta didik dapat memiliki keberanian sehingga tertanam sikap percaya diri. (3) Penanaman karakter religius melalui kegiatan ekstrakulikuler tadabbur alam merupakan kegiatan karya wisata ke suatu lokasi tertentu untuk melakukan pengamatan, penghayatan dan perenungan terhadap alam raya ciptaan Tuhan. Penanaman karakter religius dalam kegiatan ekstrakulikuler tadabbur alam ini sebagai bentuk pendidikan karakter yang diberikan oleh guru untuk memperkaya bathin peserta didik dalam dalam penghayatan keagungan akan kebesaran Allah swt, selain itu guru mengajak peserta didik pergi ke makam wali, guru mengajarkan cara ber’doa di makam, menjelaskan asal usul dan perjuangan wali, sehingga dalam jiwa peserta didik tertanam rasa keimanan yang tinggi, mampu berpikir kritis, dan mempunyai mental yang berani. Dapat disimpulkan bahwa dengan adanya penanaman karakter religius dalam diri peserta didik melalui ekstrakulikuler qiro’ah, hadrah dan tadabbur alam, dapat membekali dan mengembangkan karakter religius dalam diri peserta didik, sehingga membentuk pribadi yang sabar, ikhlas, berani, percaya diri, bersyukur yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153006 ANISA ROCHIM |
Date Deposited: | 15 Aug 2019 07:10 |
Last Modified: | 15 Aug 2019 07:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12618 |
Actions (login required)
View Item |