UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS SEBAGAI MOTIVATOR, INISIATOR DAN MEDIATOR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN SISWA MTs SULTAN AGUNG JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

MOCHAMMAD ABDUL KHALIM, 17201153289 (2019) UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS SEBAGAI MOTIVATOR, INISIATOR DAN MEDIATOR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN SISWA MTs SULTAN AGUNG JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (671kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (586kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (813kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Al-Qur‟an Hadits Sebagai Motivator, Inisiator Dan Mediator dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur‟an Siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung” ini ditulis oleh Mochammad Abdul Khalim, NIM. 17201153289, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2019, Pembimbing Dr.Hj. Nurul Hidayah, M.Ag. Kata Kunci : Upaya Guru Al-Qur‟an Hadits, Kualitas Membaca Al-Qur‟an Penelitian ini dilatarbelakangi adanya tuntutan peran guru Pendidikan Agama Islam khususnya guru Al-Qur‟an Hadits yang harus meningkatkan kualitas membaca Al-Qur‟an siswa. Dengan menciptakan motivasi dan inovasi dalam pembelajaran dan juga didukung dengan media pembelajaran. Jika ketiga hal tersebut telah dikuasai oleh guru, idealnya pembelajaran akan berlangsung menarik, tidak membosankan dan akan tercapainya tujuan pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah guru Al-Qur‟an Hadits sebagai motivator, inisiator dan mediator secara lebih rinci sebagai berikut 1) Bagaimana upaya guru Al-Qur‟an Hadits sebagai motivator dalam meningkatkan kualitas membaca Al Qur‟an siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari ? 2) Bagaimana upaya guru Al Qur‟an Hadits sebagai inisiator dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur‟an siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari ? 3) Bagaiamana upaya guru Al-Qur‟an Hadits sebagai mediator dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur‟an siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari ? Tujuan penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan secara mendalam upaya guru Al-Qur‟an Hadits sebagai motivator dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur‟an siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari, 2) Mendeskripsikan secara mendalam upaya guru Al-Qur‟an Hadits sebagai inisiator dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur‟an siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari, 3) Mendeskripsikan secara mendalam upaya guru Al-Qur‟an Hadits sebagai mediator dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur‟an siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu : reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini : 1) Upaya guru sebagai motivator dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur‟an siswa dengan cara memberikan dorongan atau nasehat secara langsung kepada para siswa agar belajar bersungguh – sungguh, mengajak siswa untuk selalu membaca Al-Qur‟an, memberikan pemahaman tentang pentingnya membaca Al-Qur‟an. Selain itu, guru Al-Qur‟an hadits juga menggunakan metode ceramah, berdiskusi dalam menyimak bacaandan hafalan Al-Qur‟an siswa, melakukan shalat dhuha bersama – sama siswa dan juga guru, 2) Upaya guru sebagai inisiator dengan menerapkan ide – ide pembaharuan yang kreatif saat mengajar dikelas. Seperti menggunakan sistem kelompok untuk membaca dan hafalan Al-Qur‟an. Hal ini dilakukan guru Al Qur‟an Hadits agar siswa bisa fokus dan lancar dalam membaca maupun hafalan Al-Qur‟an. 3) Upaya guru Al-Qur‟an Hadits sebagai mediator dengan menggunakan media papan tulis, alat tulis menulis, Al-Qur‟an, buku LKS atau modul dan LCD proyektor. Penggunaan media harus melalui pemilihan dengan prinsip – prinsip tertentu yang harus dipenuhi, agar pemilihan media dapat berjalan dengan baik, karena pemilihan media sangat mempengaruhi sikap siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153289 MOCHAMMAD ABDUL KHALIM
Date Deposited: 15 Aug 2019 08:18
Last Modified: 15 Aug 2019 08:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12620

Actions (login required)

View Item View Item