Ardhi Nurdiansyah, 17204153257 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT SISWA KELAS X MIA 3 DI SMAN 6 KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
Cover.pdf Download (606kB) |
||
|
Text
Abstrak.pdf Download (774kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB III .pdf Download (499kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (858kB) |
||
Text
BAB V .pdf Download (322kB) |
||
Text
BAB VI .pdf Download (209kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (211kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar dan Minat Siswa kelas X Mia 3 di SMAN 6 Kediri”. Disusun oleh Ardhi Nurdiansyah, Nim. 17204153257, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata kunci: Team Games Tournament, Hasil Belajar, dan Minat Belajar Salah satu faktor utama untuk mencapai kesuksesan dalam segala bidang adalah minat. Karena minat belajar pada setiap pembelajaran dapat mencapai suatu tujuan dari pembelajaran tersebut. Dengan memiliki minat belajar yang tinggi, siswa akan mampu belajar matematika dengan baik, sehingga siswa akan lebih mudah memahami materi yang menjadikan siswa mendapat hasil belajar yang baik dalam pelajaran matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa di SMAN 6 Kediri, (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar siswa di SMAN 6 Kediri, (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar dan minat siswa di SMAN 6 Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design yang dilaksanakan di SMAN 6 Kediri yang terdiri dari 10 kelas X. Sample Penelitian terdiri dari 1 kelas eksperimen yaitu kelas X Mia 3 dan 1 kelas kontrol yaitu X Mia 4. Teknk sample yang digunakan adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa SMAN 6 Kediri. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F_hitung≥F_tabel atau 8,391≥3,14 dan sig. 0,005<0,05 pada taraf signifikan 5%. Artinya model pembelajaran Team Games Tournamen (TGT) memberikan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensonal pada umumnya. (2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar siswa SMAN 6 Kediri. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F_hitung≥F_tabel atau 12,065≥3,14 dan sig. 0,001<0,05 pada taraf signifikan 5%. Artinya model pembelajaran Team Games Tournamen (TGT) dapat memberikan siswa lebih aktif dan bersemangat dalam pembelajaran dibandingkan dengan pembelajaran konvensonal pada umumnya. (3) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadaphasil belajar dan minat siswa SMAN 6 Kediri. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikan untuk Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, dan Largest Root kurang dari 0,05 atau 0,000 < 0,05 pada taraf signifikan 5%. Artinya dengan menggunakan model tipe Team Games Tournamen (TGT) siswa bisa lebih aktif dan bersemangat dalam pembelajaran sehingga akan lebih mudah untuk memahami pelajaran dan memperoleh hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153257 Ardhi Nurdiansyah |
Date Deposited: | 01 Aug 2019 03:47 |
Last Modified: | 01 Aug 2019 03:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12622 |
Actions (login required)
View Item |