IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER PMR DALAM PENANAMAN NILAI MORAL SOSIAL SISWA SDI AL AZHAAR KABUPATEN TULUNGAGUNG

ARISTA FATHURROHMAH, 17205153175 (2019) IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER PMR DALAM PENANAMAN NILAI MORAL SOSIAL SISWA SDI AL AZHAAR KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (236kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (69kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Ekstrakurikuler PMR dalam Penanaman Nilai Moral Sosial Siswa SDI Al-Azhaar Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Arista Fathurrohmah, NIM. 17205153175, pembimbing Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I. Kata kunci: Implementasi ekstrakurikuler PMR, nilai moral sosial siswa. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang terjadi di lapangan bahwa perkembangan dunia pendidikan memiliki banyak cara untuk memberikan pengetahuan dengan sistem penerapan apapun, agar peserta didik mampu mendapatkan dan merasakan keseimbangan ilmu dan juga pengalaman serta hasil yang positif dan jauh lebih baik. Namun tidak semua sekolah menerapkan sistem penunjang yang demikian. Karena di anggap bahwa pendidikan yang harusnya diperoleh siswa, bisa didapat melalui penyampaian materi yang berada di dalam kelas. Fenomena yang terjadi di SDI Al-Azhaar Kabupaten Tulungagung yakni penerapan kegiatan ekstrakurikuler PMR yang diadakan dengan tujuan agar siswa mampu menanamkan nilai moral sosial, serta bisa diaplikasikan baik dalam lingkup sekolah maupun di lingkungan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Pertanyaan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kegiatan ekstrakurikuler PMR di SDI Al-Azhaar Kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimana penanaman nilai moral sosial siswa SDI Al-Azhaar Kabupaten Tulungagung melalui ekstrakurikuler PMR? (3) Bagaimana implikasi ekstrakurikuler PMR terhadap nilai moral sosial siswa SDI Al-Azhaar Kabupaten Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, yakni sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Kegiatan ekstrakurikuler PMR di SDI Al-Azhaar Kabupaten Tulungagung. Kegiatan ekstrakurikuler PMR dilaksanakan sesuai dengan perencanaan kegiatan yang telah dibuat. Penyediaan sarana prasarana juga sangat diperhatikan sesuai kebutuhan. Penyampaian materi dilakukan bukan hanya di dalam kelas, melainkan juga praktik lapangan. Terbukti prestasi yang didapatkan oleh siswa bukan hanya lebih unggul di dalam kelas saja,melainkan juga mampu mencetak prestasi kejuaraan ketika mengikuti kegiatan di luar sekolah. (2) Penanaman nilai moral sosial siswa SDI Al-Azhaar Kabupaten Tulungagung melalui ekstrakurikuler PMR. Melalui kegiatan ekstrakurikuler PMR, siswa mendapatkan materi-materi terkait nilai moral sosial yang bukan hanya sebatas penyampaian di dalam kelas, akan tetapi juga termasuk praktik secara langsung di lapangan. Tentunya dalam hal ini guru atau fasilitator harus menjadi contoh baik yang akan ditiru oleh siswa. Hal ini nantinya yang menjadi motivasi bahwa apa yang telah mereka tanam sekarang ini mampu bermanfaat bukan hanya di dunia, akan tetapi juga untuk bekal di akhirat. (3) Implikasi ekstrakurikuler PMR terhadap nilai moral sosial siswa SDI Al-Azhaar Kabupaten Tulungagung melalui ekstrakurikuler PMR. Dampak dari implementasi kegiatan ekstrakurikuler PMR terhadap nilai moral sosial siswa bisa dirasakan manfaatnya bukan hanya untuk diri siswa sendiri,akan tetapi juga untuk oranglain. Penerapan strategi yang dilakukan untuk penyampaian materi oleh fasilitator mampu menumbuhkan rasa tanggungjjawab pada diri siswa. Tingkat kepedulian yang dimiliki oleh siswa juga mampu tumbuh menjadi kebiasaan yang baik serta mampu di terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Akhlak yang tercermin pada diri siswa juga semakin mengarah pada segala hal yang positif. Hal ini yang menjadi pantauan dari pihak sekolah maupun orangtua siswa. Sehingga selain kebanggaan, hal ini mampu menumbuhkan nilai kepercayaan bagi orangtua siswa. Dengan tumbuhnya rasa kepedulian, perasaan ingin menolong sesama dengan ikhlas, pengetahuan untuk memberikan pertolongan yang benar, tumbuhnya etika dan perilaku yang baik, serta mental kuat dan tanggungjawab yang tepat, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi ekstrakurikuler PMR dalam penanaman nilai moral sosial telah mampu tumbuh di dalam diri siswa SDI Al-Azhaar Kabupaten Tulungagung secara murni karena pembiasaan yang mereka lakukan, dengan demikian maka mereka mampu dikatakan sebagai orang yang mempunyai nilai moral sosial yang baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153175 ARISTA FATHURROHMAH
Date Deposited: 02 Aug 2019 02:12
Last Modified: 02 Aug 2019 02:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12656

Actions (login required)

View Item View Item