PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PESERTA DIDIK KELAS V SDIT PERMATA UMMAT TRENGGALEK

FATIMATUZ ZAHRO, 17205153370 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PESERTA DIDIK KELAS V SDIT PERMATA UMMAT TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (284kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Belajar Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Peserta Didik Kelas V SDIT Permata Ummat Trenggalek” ini ditulis oleh Fatimatuz Zahro dan dibimbing oleh Muh. Basuni, M.Pd. Kata kunci: Kooperatif, Make A Match, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi pada siswa mengenai model pembelajaran yang masih konvensional yang menjadikan siswa kurang aktif dan hasil belajar siswa rendah khususnya di kelas V SDIT Permata Ummat Trenggalek. Oleh sebab itu, maka diperlukan inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar menjadi lebih baik dan lebih maksimal, salah satunya dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan konvensional pada peserta didik kelas V SDIT Permata Ummat Trenggalek? 2)Apakah ada pengaruh yang signifikan pengunaan model pembelajaran koopertif tipe make a match terhadapterhadap hasil Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti peserta didik kelas V SDIT Permata Ummat Trenggalek?. 3) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipa make a match terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti peserta didik kelas V SDIT Permata Ummat Trenggalek?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan konvensional pada peserta didik kelas V SDIT Permata Ummat Trenggalek. 2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti peserta didik kelas V SDIT Permata Ummat Trenggalek. 3) Untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti peserta didik kelas V SDIT Permata Ummat Trenggalek. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDIT Permata Ummat Trenggalek. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V – A dan kelas V – B, dimana kelas V – A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 siswa dan kelas V – B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan menggunakan model quasi eksperimental design. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah hasil tes. Data hasil siswa diperoleh melalui tes yang digunakan untuk menguji hipotesis. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data didapatkan: 1) Hasil belajar antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan model pembelajaran konvensional pada materi mari mengenal Rasul-Rasul Allah menunjukkan rata-rata yang lebih baik dibandingkan dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Hal ini dibuktikan dari hasil test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match yaitu 80 sedangkan yang menerapkan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol rata-rata yang didapatkan yaitu 71,15. 2) Ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran koperatif tipe make a match terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Hal tersebut menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil uji t-test (independent samples T Test) nilai hasil tes diperoleh nilai thitung (2,499) > ttabel (5% = 2,008), sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa, 2) Besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti peserta didik kelas V SDIT Permata Ummat Trenggalek adalah sebesar 76% termasuk kriteria sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Skripsi 17205153370 Fatimatuz Zahro
Date Deposited: 02 Aug 2019 06:37
Last Modified: 02 Aug 2019 06:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12658

Actions (login required)

View Item View Item