IMROATUL FITRIA, 17201153201 (2019) STRATEGI PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MA’HAD AL-FIKRI MAN 2 BLITAR. [ Skripsi ]
| 
 | Text COVER.pdf Download (828kB) | Preview | |
| 
 | Text ABSTRAK.pdf Download (438kB) | Preview | |
| 
 | Text DAFTAR ISI.pdf Download (167kB) | Preview | |
| 
 | Text BAB I.pdf Download (519kB) | Preview | |
| 
 | Text BAB II.pdf Download (467kB) | Preview | |
| 
 | Text BAB III.pdf Download (241kB) | Preview | |
| 
 | Text BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview | |
| 
 | Text BAB V.pdf Download (538kB) | Preview | |
| 
 | Text BAB VI.pdf Download (257kB) | Preview | |
| 
 | Text DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (273kB) | Preview | 
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembinaan Karakter Peserta Didik di Ma’hadAl-Fikri MAN 2 Blitar” ini ditulis oleh Imroatul Fitria, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM. 17201153201 Tahun 2019 dibimbing oleh Dr. H. Masduki, M.Ag Kata Kunci: Strategi, Pembinaan Karakter Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi dengan banyaknya orang tua yang meyekolahkan anaknya di sekolah formal bersamaan dengan bermukim di pondok, Asrama, atau Ma’had. Serta adanya perbedaan peserta didik yang tinggal di Pondok, Asrama, atau Ma’had dengan yang tidak. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bentuk strategi Pembinaan Karakter Peserta Didik di Ma’had Al-Fikri, (2) Hambatan dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik di Ma’had Al-Fikri, (3) Cara Menanggulangi hambatan dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik di Ma’had Al-Fikri. Agar Fokus tersebut tersesaikan dengan baik, dengan meneliti kegiatan yang ada di Ma’had. Maka jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawacara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian di Ma’had Al-Fikri MAN 2 Blitar, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Macam- macam pembinaan krakter di Ma’had Al-Fikri Adalah sebagai berikut; Adanya Hubungan (komunikasi) antara pihak Ma’had dengan orang tua/wali berjalan dengan lancar, Adanya kerja sama dan komunikasi yang baik antara Ketua dengan Pengasuh, Ma’had serta kepada Santri atau Peserta didik Ma’had Al-Fikri, Menjadi Uswatun hasanah, Bahasa krama sebagai bahasa kesopanan, serta adanya International Day, Ekstrakurikuler sebagai penunjang profesionalisme peserta didik, dan lain sebagainya. Dan hal- hal di atas termasuk dalam metode pembinaan karakter ibtida’, (2) Hambatan dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik di Ma’had Al-Fikri tidak begitu besar masih terolong umum, seperti; Pembawaan santri atau peserta didik sebelum masuk ke Ma’had dan Pola perilaku santri atau peserta didik yang terkadang sulit untuk diatur (3) Cara menanggulangi hambatan Pembinaan Karakter di Ma’had Al-Fikri yaitu dengan pelatihan setiap hari selama 24 jam, serta apabila ada santri atau peserta didik bermasalah, ditangani oleh para pengasuh dengan cara dinasehati, kemudian pembinaan dari ketua Ma’had, kemudian panggilan orang tua, kemudian apabila tidak bisa dan terlalu berat maka langkah terakhir adalah dikeluarkan dari Ma’had.
| Item Type: | Skripsi | 
|---|---|
| Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | 17201153201 IMROATUL FITRIA | 
| Date Deposited: | 06 Aug 2019 02:26 | 
| Last Modified: | 06 Aug 2019 02:26 | 
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12678 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
        