HISMATUL MAULA, 17201153504 (2019) PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTsN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (631kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (355kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (892kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (257kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul”Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 3 Tulungagung”. Ditulis oleh Hismatul Maula, NIM 17201153504, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Dr. Susanto,S.S, M.Pd, NIP 19730831 1999 03 1 002. Kata Kunci : Reward, Punishment, Motivasi Belajar Motivasi belajar merupakan suatu energi yang mendorong siswa untuk lebih bersemangat melakukan aktifitas belajar. Reward (Penghargaan) dan Punishment (Hukuman) adalah bentuk motivasi eksternal yang berasal dari teori behavioristik. Dalam kegiatan belajar mengajar, guru bisa menggunakan metode reward (penghargaan) dan punishment (hukuman) untuk memacu motivasi belajar siswa. Reward diberikan karena siswa berprestasi, sedangkan punishment diberikan karena siswa melakukan pelanggaran. Penelitian ini dilakukan untuk menguji atau membuktikan apakah reward dan punishment berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar aqidah akhlak siswa di MTsN 3 Tulungagung?, (2) Adakah pengaruh pemberian punishment terhadap motivasi belajar aqidah akhlak siswa di MTsN 3 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar aqidah akhlak siswa di MTsN 3 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena data penelitian berupa angka-angka serta analisis datanya menggunakan statistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) dengan instrument skala likert. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan cara ordinal diambil 17% dari jumlah populasi. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa baik secara parsial maupun secara stimultan. Hasil penelitian dan pembahasan analisis data dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada pengaruh yang signifikan antara reward terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 3 Tulungagung. Hal ini dapat dilihat dari nilai T_hitung = 9,478 > T_tabel = 1,671 yaitu pada taraf signifikansi 0,05 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara punishmnet terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 3 Tulungagung. Hal ini dapat dilihat dari nilai T_hitung = 4,094 > T_tabel = 1,671 yaitu pada taraf signifikansi 0,05 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 3 Tulungagung dengan koefisien determinasi 76,9 %. Hal ini dapat dilihat dari nilai F_hitung = 98,431 > F_tabel = 3,153 yaitu pada taraf signifikansi 0,05 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153504 HISMATUL MAULA |
Date Deposited: | 12 Aug 2019 01:57 |
Last Modified: | 12 Aug 2019 01:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12724 |
Actions (login required)
View Item |