PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA SDI MA’ARIF KOTA BLITAR

EKA FITRAYATUL HIDAYAH, 17205153324 (2019) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA SDI MA’ARIF KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (904kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (245kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (69kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (221kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Eka Fitriyatul Hidayah, NIM 17205153324. 2019. “Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa SDI MA’ARIF Kota Blitar”. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dibimbing oleh Dr. Eni Setyowati, S.Pd.,MM Kata Kunci: Pengaruh, Bimbingan, Belajar, Motivasi, Hasil, Matematika Penelitian ini di latar belakangi adanya keikutsertaan siswa mengikuti bimbingan belajar untuk menambah waktu diluar jam sekolah serta untuk menunjang keberhasilan siswa dalam bidang akademik. Kesibukan orang tua bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga, ikut mendorong orang tua untuk meminta bantuan pihak lain dalam pendidikan anak-anaknya. Oleh sebab itu, untuk mengoptimalkan perkembangan belajar siswa perlu diberikan bimbingan belajar yang ditandai dengan jam pelajaran khusus yang biasa dilakukan di luar jam pelajaran sekolah. Terutama mata pelajaran matematika yang kini masih dianggap sulit oleh siswa. Pada dasarnya pembelajaran matematika tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anak dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Akan tetapi memiliki peran yang sangat penting dalam membangun pengetahuan yang berhubungan dengan ilmu-ilmu lain dan mempunyai kontribusi positif dalam pembentukan kepribadian siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran matematika siswa SDI Plosokerep. 2) Untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa SDI MA’ARIF. 3) Untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar terhadap motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa SDI MA’ARIF Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian survei. Lokasi penelitian di SDI MA’ARIF Kota Blitar. Sumber data diperoleh dari dua jenis yaitu primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan tes, angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan uji prasyarat hipotesis, uji hipotesis dan uji manova. Hasil penelitiannya: 1) Ada pengaruh bimbingan belajar terhadap motivasi belajar siswa SDI MA’ARIF Kota Blitar menunjukkan sig.(2-tailed) hasil output menunjukkan 0,046 < 0,05 maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. 2) Ada pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa SDI MA’ARIF Kota Blitar menunjukkan sig.(2-tailed) 0,035 < 0,05 maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. 3) Ada pengaruh bimbingan belajar terhadap motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa SDI MA’ARIF Kota Blitar hal ini dibuktikan bahwa nilai uji Mulitivariate menunjukkan bahwa nilai signifikansi untuk Pillai’s Wilk’Lambda, Hotteling Trace Largest Root memiliki signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 dengan menunjukkan sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Eka 17205153324 Eka Fitriyatul Hidayah
Date Deposited: 13 Aug 2019 02:59
Last Modified: 30 Mar 2020 09:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12745

Actions (login required)

View Item View Item