MUHAMMAD MUHLIS, 17207153010 (2019) MANAJEMEN SARANA PRASARANA PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (604kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (461kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (473kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (192kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (188kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Sarana Prasarana Perpustakaan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Muhlis, NIM. 17207153010, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Dr. H. Masduki, M.Ag. Kata Kunci: Sarana Prasarana Perpustakaan, Mutu Pendidikan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena perkembangan zaman yang semakin maju dan pesat. Selain itu lembaga pendidikan dituntut untuk mengembangkan serta memajukan mutu pendidikannya. Dalam mengatasi tuntutan mutu pendidikan tersebut, maka perlu adanya upaya yang maksimal dari pihak pengelola madrasah. Kegiatan pengelolaannya yakni manajemen sarana prasarana perpustakaan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Hal ini menjadi alasan peneliti mengangkat penelitian ini. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengadaan sarana prasarana perpustakaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung? (2) Bagaimana pengunaan sarana prasarana perpustakaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung? 3) Bagaimana penghapusan sarana prasarana perpustakaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah pengadaan dan teknis pengunaan peghapusan sarana prasarana perpustakaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung. Adapun tujuan yang hendak di capai oleh peneliti antara lain (1) Untuk mengetahui pengadaan sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 2 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui penggunaan sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 2 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui penghapusan sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 2 Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis secara induktif dengan tiga tahap, yakni: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Pengadaan sarana prasarana perpustakaan dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan kemampuan waka sarana prasaran, petugas perpustakaan dan waka kurikulum yang bekerja sama dengan baik dalam rangka mencapai tujuan yang ingin dicapainya. Dalam melakukan pengadaan sarana prasarana perpustakaan, petugas perpustaan harus membuat proposal dulu yang nantinya diajukan ke waka sarana prasarana lalu di ajukan lagi ke KTU. Dari situlah nanti sarana prasarana perlu di ganti atau tidak dan perlu di tambah atau atau tidak. Penambahan koleksi bahan pustaka sangatlah penting, yang nantinya bisa menambah ilmu pengetahuan yang baru. (2)Penggunaan sarana prasarana perpustakaan dalam meningkatkan mutu pendidikan ialah pemanfaat sarana prasarana yang disediakan oleh petugas perpustkaan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Dalam penggunaan sarana prasarana perpustakaan bukan ditujukan kepada siswa saja, namun ditujukan kepada semua warga madrasah yang ingin menggunakannya. Penggunaan perpustakaan yang baik bisa menjadikan siswa-siswa berpengetahuan yang luas dan menjadi siswa yang berprestasi, karena perpustakaan adalah gudangnya ilmu pengetahuan. (3) Penghapusan sarana prasarana perpustakaan dalam meningkatkan mutu pendidikan merupakan penghapusan sarana prasaran perpustakaan yang sudah tidak digunakan atau barang yang sudah rusak. Dalam penghapusan sarana prasrana perpustakaan harus melalui proses yang telah ditentukan oleh pemerintah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 17207153010 MUHAMMAD MUHLIS |
Date Deposited: | 06 Aug 2019 02:22 |
Last Modified: | 06 Aug 2019 02:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12753 |
Actions (login required)
View Item |