Nalatin Fastabiqul, Khoirot (2014) Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match (ICM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Di SMP IT Kedungwaru Tulungagung. [ Skripsi ]
|
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (718kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
BAGIAN INTI.pdf Download (949kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Metode Pembelajaran Index Card Match dan Hasil Belajar Meningkatkan hasil belajar matematika di sekolah, khususnya di SMP dapat berhasil secara maksimal, bila didukung oleh strategi pembelajaran Index Card Match atau Pencocokan Kartu Indek. Dengan menggunakan strategi pembelajaran ini, para peserta akan menjadi lebih semangat dan antusiasnya dalam pembelajaran menjadi lebih tinggi. Dan peserta didik tidak akan merasa takut dan sulit dalam mengerjakan soal matematika, maka dari itu bisa meningkatkan hasil belajar matematika. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah, 1) bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VII pada materi pokok persegi panjang dan persegi di SMP IT Nurul Fikri Kedungwaru Tulungagung dengan menggunakan metode Index Card Match (ICM) ?. Tujuan dalam penelitian ini, 1) untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VII pada materi pokok persegi panjang dan persegi di SMP IT Nurul Fikri Kedungwaru Tulungagng setelah menggunakan metode pembelajaran Index Card Match (ICM). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Di dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdapat 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, tes, metode dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Index Card Match (ICM) pada pelajaran matematika ini berhasil meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VII pada materi pokok persegi panjang dan persegi di SMP IT Nurul Fikri Kedungwaru Tulungagung. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan terhadap aktivitas Guru dan siswa sudah terjalin sangat baik. Telah terbukti pada observasi yang telah dilakukan oleh peneliti. Aktivitas penelitiatau Guru pada siklus 1 siklus 2 mendapat skor sebesar 100 % . Sedangkan aktivitas siswa pada siklus 1 dan siklus 2 mendapat skor sebesar 92 %. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa. Hasil belajar matematika siswa sebelum menggunakan metode pembelajaran Index Card Match (ICM) skornya sebesar 86,86 (100 %) yang sudah tuntas 26 siswa dan yang belum tuntas 3 siswa dengan jumlah siswa secara keseluruhan yaitu 29 siswa. Peningkatan terjadi pada siklus 1 dan siklus 2 setelah menggunakan metode pembelajaran Index Card Match (ICM) skornya sebesar 92,1 (100 %) dan semua siswa sudah berada pada tingkat ketuntasan yang ditentukan sudah. xv Hasil belajar kelompok siswa pada siklus 1 dan siklus 2 hasilnya sudah sempurna 100 %. Berdasarkan data tersebut dapat dinyatakan bahwa penggunaan metode pembelajaran Index Card Match (ICM) dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pokokpersegi panjag dan persegi sisswa kelas VII di SMP IT Nurul Fikri Kedungwaru Tulungagung. Telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa, dengan kata lain penggunaan metode belajar yang sesuai akan membantu meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 24 Feb 2015 03:11 |
Last Modified: | 24 Feb 2015 03:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1277 |
Actions (login required)
View Item |