NAILI QURROTA A’YUNINAL ‘ULYA, 17205153182 (2019) IMPLEMENTASI KEGIATAN KOKURIKULER PESERTA DIDIK DI MIN 2 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (826kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (395kB) |
||
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (172kB) | Preview |
|
Text
Bab I.pdf Download (203kB) |
||
|
Text
Bab II.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
Bab VI.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (223kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Kegiatan Kokurikuler Peserta Didik di MIN 2 Blitar” ini tulis oleh Naili Qurrota A’yuninal ‘Ulya, NIM 17205153182, jurusan PGMI, IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. H. Muh. Kharis, M.Pd. Kata Kunci, Kegiatan Kokurikuler, Peserta Didik, MIN 2 Blitar Pada zaman sekarang, pemahaman tentang kurikulum berkembang banyak sekali. Dalam pelaksanaanya tentu banyak hal yang harus diperhatikan baik oleh kepala sekolah dan guru. Guru merupakan pelaksana dari kurikulum yang dituntut untuk menjalankan berbagai jenis kegiatan kurikuler, salah satunya yaitu kokurikuler. Dengan kegiatan kokurikuler diharapkan dapat menunjang dari kegiatan intrakurikuler peserta didik. Fokus penelitian ini, 1) bagaimana perencanaan kegiatan kokurikuler peserta didik di MIN 2 Blitar, 2) bagaimana pelaksanaan kegiatan kokurikuler peserta didik di MIN 2 Blitar 3) bagaimana evaluasi kegiatan kokurikuler pserta didik di MIN 2 Blitar. Tujuan dalam penelitian ini, 1) mendeskripsikan perencanaan kegiatan kokurikuler peserta didik di MIN 2 Blitar, 2) mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan kokurikuler peserta didik di MIN 2 Blitar, 3) mendeskripsikan evaluasi kegiatan kokurikuler peserta didik di MIN 2 Blitar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Sumber penelitian ini menggunakan person, place, dan paper. Teknik pengumpula data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data melalui triangulasi, perpanjangan pengamatan dan peningkatan ketekunan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, 1) perencanaan kegiatan kokurikuler di MIN 2 Blitar dimulai dari menentukan tujuan yaitu membentuk karakter peserta didik, mendalami materi dalam kegiatan intrakurikuler, kemudian memikirkan kondisi dari sumber daya manusia, peserta didik, alokasi waktu, kompetensi dasar dan koordinasi antar guru. Faktor yang dapat membantu dan menimbulkan masalah yaitu pemahaman karakter peserta didik, dukungan dari orang tua, dan kesadaran peserta didik. Pengembangan alternative untuk mencapai tujuan adalah pemberian tugas. 2) pelaksanaan kegiatan kokurikuler di MIN 2 Blitar dilaksanakan dengan bentuk pembiasaan dan penugasan. 3) evaluasi kegiatan kokurikuler di MIN 2 Blitar yaitu menggunakan kartu kontrol dan nilai KKM sebagai tolok ukur dari hasil nilai peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153182 NAILI QURROTA A’YUNINAL ‘ULYA |
Date Deposited: | 27 Sep 2019 01:57 |
Last Modified: | 27 Sep 2019 01:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12775 |
Actions (login required)
View Item |