SAYIDATUL ADAWIYAH, 17201153232 (2019) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SHALAT BERJAMAAH DAN KEMAMPUAN SHALAT SISWA DI SMP AL HIKMAH MELATHEN KAUMAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (689kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (302kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (545kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (318kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (222kB) |
||
Text
BAB V .pdf Download (274kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (283kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Shalat Berjamaah dan Kemampuan Shalat Siswa di SMP Al Hikmah Melathen Kauman Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019”, ini ditulis oleh Sayidatul Adawiyah, NIM. 17201153232. Jurusan Pendidikan Agama Islam , Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agma Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Muh Basuni, M.Pd, NIP. 19780312 200312 1 001. Kata kunci : Upaya Guru, Kedisiplinan Shalat Berjamaah, Kemampuan Shalat Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik di SMP Al Hikmah Melathen Kauman Tulungagung mayoritas berada di pondok pesantren karena tempat tinggal mereka jauh, namun ada juga yang laju sehingga pendisiplinan terutama dalam hal beribadah shalat sangat kurang. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait dengan upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah dan kemampuan shalat siswa di SMP Al Hikmah Melathen Kauman Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah dan kemampuan shalat siswa di SMP Al Hikmah Melathen Kauman Tulungagung? (2) Bagaimana metode guru pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah dan kemampuan shalat siswa di SMP Al Hikmah Melathen Kauman Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah dan kemampuan shalat berjamaah di SMP Al Hikmah Melathen Kauman Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis peneltian deskripstif. Menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, verifikasi/penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan keterpercayaan/kredibilitas, keteralihan, keterkaitan, kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah dan kemampuan shalat siswa di SMP Al Hikmah Melathen Kauman Tulungagung: (a) guru diwajibkan membuat RPP sebelum kegiatan belajar mengajar (b) pembuatan RPP sebelum tahun ajaran baru; (2) metode guru pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah dan kemampuan shalat siswa di SMP Al Hikmah Melathen Kauman Tulungagung : (a) melakukan koordinasi dengan para guru berdasarkan jadwal (b) memberikan pengetahuan dalam bentuk ceramah (c) mengadakan paktik shalat berjamaah (d) pembiasaan shalat berjamaah dengan baik (e) memberikan perintah secara langsung dan memberikan motivasi. (3) evaluasi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah dan kemampuan shalat berjamaah di SMP Al Hikmah Melathen Kauman Tulungagung (a) evaluasi yang dilakukan guru pendidikan agama Islam adalah penilaian psikomotorik dan uji praktik untuk kemampuan shalat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153232 SAYIDATUL ADAWIYAH |
Date Deposited: | 07 Aug 2019 02:25 |
Last Modified: | 07 Aug 2019 02:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12792 |
Actions (login required)
View Item |