Latifatul, Ngabdah (2012) Penggunaan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS siswa kelas V MI Darussalam 01 Ariyojeding Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2010/2011. [ Skripsi ]
Text
COVER.doc Download (264kB) |
|
Text
PERSEMBAHAN.doc Download (83kB) |
|
Text
dafar pusaka.doc Download (38kB) |
|
Text
BAB I.doc Download (65kB) |
|
Text
lampiran2.doc Download (968kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (154kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (139kB) |
|
Text
BAB IV.doc Download (324kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (33kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (33kB) |
Abstract
Kata Kunci : Hasil belajar; Media visual Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh banyaknya siswa yang menganggap bahwa mata pelajaran IPS adalah mata pelajaran yang membosankan dan kurang menarik, sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini peneliti mencoba menggunakan media visual untuk mengatasi masalah tersebut ,karena media visual merupakan alat motivasi yang baik, dan dapat merangsang siswa untuk memperhatikan materi yang sedang dijelaskan, selain itu media dapat membantu para pendidik dalam menyampaikan materi serta lebih cepat dan mudah di tangkap oleh siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media visual untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V MI Darussalam 01 Ariyojeding Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2010/2011?, (2) Bagaimana hasil belajar IPS siswa kelas V MI Darussalam 01 Ariyojeding Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2010/2011 setelah menggunakan media visual ?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V MI Darussalam 01 Ariyojeding Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2010/2011 setelah menggunakan media visual. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dalam pelaksanaannya memiliki empat tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian dengan menggunakan media visual berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini dapat dinyatakan dengan adanya peningkatan hasil belajar pada setiap siklus yang dilaksanakan. Dimana pada pre tes hanya 37,9% siswa yang berhasil memenuhi standar kelulusan, masuk pada kriteria ”Sangat kurang”. Pada tes akhir siklus 1 nilai siswa meningkat, siswa yang berhasil memenuhi standar kelulusan adalah 75%, masuk pada kriteria ”Baik”. dan meningkat kembali pada siklus 2 yaitu 90,7 %, masuk pada kriteria ”Sangat baik”.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 24 Feb 2015 03:24 |
Last Modified: | 24 Feb 2015 03:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1280 |
Actions (login required)
View Item |