KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (ANALISIS ISI PEMIKIRAN PROF. DR. H. MUHAIMIN, M.A.)

NGAINUL YAQIN, 17201153116 (2019) KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (ANALISIS ISI PEMIKIRAN PROF. DR. H. MUHAIMIN, M.A.). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (65kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (158kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yaqin, Ngainul. Nomor Induk Mahasiswa. 17201153116. 2019. Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Analisis Isi Pemikiran Prof. Dr. H. Muhaimin, M.A.). Skripsi. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S. Ag., M. Pd. Kata kunci: Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Muhaimin. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi pada wajah pendidikan Indonesia lebih khusus pada pendidikan agama Islam. Pendidikan agama Islam memiliki tiga domain yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga kurikulumnya pun berbeda pula. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana kurikulum pendidikan agama Islam di lembaga pendidikan informal perspektif Muhaimin? (2) Kurikulum pendidikan agama Islam di lembaga pendidikan formal perspektif Muhaimin? (3) Kurikulum pendidikan agama Islam di lembaga pendidikan non formal perspektif Muhaimin? Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian studi literatur dengan metode analisi data deskriptif yaitu mendeskripsikan gagasan-gagasan yang dikemukakan oleh Muhaimin mengenai pengembangan pendidikan Islam. Kemudian dilanjutkan dengan (content analysis) yaitu melakukan analisis secara mendalam terhadap makna yang terkandung dalam keseluruhan makna yang terkandung dalam keseluruhan gagasan Muhaimin yang kemudian ditarik kesimpulannya yang bersifat umum. Setelah penulis megadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode di atas dapat disimpulkan, (1) Menurut Muhaimin kurikulum pendidikan agama Islam dalam pendidikan informal bersifat pendidikan keluarga dan lingkungan yang mempunyai program, tetapi yang diprogramkan bukan isi yang akan disampaikan kepada peserta didik, tetapi konteksnya. Jadi, isi programnya bersifat insidental dan lebih bersifat kasus, sehingga tidak wajar diprogramkan. Yang diprogram adalah lingkungannya, situasinya, iklimnya, dan yang semacamnya. (2) Kurikulum pendidikan agama Islam di lembaga pendidikan formal menurut Muhaimin terdiri atas beberapa aspek, yaitu: aspek Al-Qur’an dan Hadis, keimanan/akidah, akhlak, fiqih (hukum Islam), dan aspek tarikh (sejarah). Meskipun masing-masing aspek tersebut dalam praktiknya saling terkait (mengisi dan melengkapi), tetapi jika dilihat secara teoritis masing-masing memiliki karakteristik tersendiri. (3) Muhaimin berpendapat bahwa kurikulum pada lembaga pendidikan formal tidak memiliki standar yang baku. Karena pendidikan non formal menurut Muhaimin berfungsi untuk: 1) melakukan penyesuaian; 2) menghindari keterulangan; dan 3) menjaga kesinambungan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153116 NGAINUL YAQIN
Date Deposited: 13 Aug 2019 02:19
Last Modified: 13 Aug 2019 02:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12833

Actions (login required)

View Item View Item