STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH DI MIN 07 BLITAR

SELVI FITRIA NURFALA, 17205153263 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH DI MIN 07 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (25MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (547kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (690kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (141kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai-nilai Akhlakul Karimah Di MIN 07 Blitar” ini ditulis oleh Selvi Fitria Nurfala, Nim 17205153263, dengan dosen pembimbing Dr. H. Masduki, M. Ag. Kata kunci : Strategi guru, menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi dalam dunia pendidikan akhlakul karimah sangat penting. Permasalahan dalam dunia pendidikan yang menjadi sorotan adalah karakter peserta didik. Banyaknya kasus kekerasan, tawuran, berbuat tidak sopan kepada orang lebih tua. Oleh karena itu, penanaman nilai-nilai akhlakul karimah menjadi salah cara dalam menanamnakan akhlak pada peserta didk agara mereka dapat memebenting diri mereka dari perbuatan tercela. Berangkat dari latar belakan ini peneliti tertarik untuk membahasnya dalam pembuatan karya ilmiah yang berupa skripsi dengan judul Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai-nilai Akhlakul Karimah Di MIN 07 Blitar. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah metode guru dalam menanamkan nilai-nilai akhlakqul karimah siswa di MIN 07 Blitar? (2) Bagaimana implementasi penanaman nilai-nilai akhlakqul kharimah di MIN 07 Blitar? (3) Bagaimana faktor penghambat dan pendukung dalam menanamkan nilai-nilai akhlakuqul kharimah di MIN 07 Blitar? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan metode yang digunakan guru dalam menanamkan nilai-nilai akhlakqul karimah siswa di MIN 07 Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan implementasi penanaman nilai-nilai akhlakqul kharimah di MIN 07 Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam menanamkan nilai-nilai akhlakuqul kharimah di MIN 07 Blitar. Dalam penelitian ini peneliti mengunakan pendekatan kulitatif dan jenis penelitian deskriptif. Dalam melakukan pengumpulan data peneliti mengunkan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi dan wawancara peneliti digunkan untuk memperoleh data terkait strategi guru dalam menanamkan nilai-niali akhlakul karimah. Sedangkan metode dokumentasi digunakan peneliti untuk mengali data tentang profil madrasah, kegiatan yang ada di madrasah serta dokumen madrasah. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) metode yang digunakan dalam penanaman nilai-niali akhlakul karimah pada peserta didik yaitu, dengan metode uswah atau keteladan, metode pembiasaan dan metode hiwar atau percakapan. (2) implementasi dalam penanaman nilai-nialai akhalakul kariamh yakni implementasi akhlak terdap Allah, Implementasi akhlak terhadap diri sendiri, implementasi akhlak terhadap keluarga, implemetasi akhalak terhadap masyarakat dan implementasi akhlak terhadap lingkungan. (3) faktor pendukung dalam penanaman nilai-nilai akhlakul karimah yakni kebiasaan yang ada di MIN 07 Blitar untuk meningkatkan akhlak pada peserta didk , kesadaran diri sendiri akan pentingnya akhlak dan pelaksanaan penanaman nilai-niali akhlakul karimah di madrasah dan keluarga di dalam sekolah maupun rumah harus saling mendukung dan bekerja sama. Sedang kan faktor penghambatnya adalah lingkungan masyarakat atau peragulan dari peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153263 SELVI FITRIA NURFALA
Date Deposited: 27 Sep 2019 07:04
Last Modified: 27 Sep 2019 07:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12857

Actions (login required)

View Item View Item