‘Aziz, Muhammad Nashrul (2014) Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Blendis Gondang Tulungagung. [ Skripsi ]
|
Text
BAB I.pdf Download (320kB) | Preview |
|
Text
BAGAIAN AWAL.docx Download (59kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (555kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (481kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (163kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci : gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, gaya belajar kinestetik, prestasi belajar. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada sebuah teori dari Bobbi DePorter dan Mike Hernacki dalam bukunya Quantum Learning yaitu : “gaya belajar merupakan kunci untuk mengembangkan kinerja dalam pekerjaan, sekolah, dan dalam situasi antar pribadi”. Dengan memahami gaya belajar, siswa diharapkan dapat memaksimalkan belajarnya, sehingga prestasi belajar yang baik bisa tercapai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Adakah pengaruh gaya belajar visual terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Blendis Gondang Tulungagung ?. (2) Adakah pengaruh gaya belajar auditorial terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Blendis Gondang Tulungagung ?. (3) Adakah pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Blendis Gondang Tulungagung ?. (4) Adakah pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Blendis Gondang Tulungagung ? Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar visual terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Blendis Gondang Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar auditorial terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Blendis Gondang Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Blendis Gondang Tulungagung. (4) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Blendis Gondang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Blendis Gondang Tulungagung kelas 1 – 6 yang berjumlah 90 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala Likert untuk variabel gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik, sedangkan variabel prestasi belajar Pendidikan Agama Islam menggunakan dokumentasi sekolah. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar visual terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Blendis Gondang Tulungagung yang dibuktikan dengan Fhitung = 26,80 dengan kontribusi gaya belajar visual terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebesar 23,35%. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar auditorial terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Blendis Gondang Tulungagung yang dibuktikan dengan Fhitung = 23,65 dengan kontribusi gaya belajar auditorial terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam 21,18%. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Blendis Gondang Tulungagung yang dibuktikan dengan Fhitung = 19,39 dengan kontribusi gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebesar 18,06%; (4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik secara bersama – sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Blendis Gondang Tulungagung yang dibuktikan dengan Fhitung = 7,01 dengan kontribusi dari ketiga variabel bebas tersebut secara bersama – sama yaitu sebesar 19,63% terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan hasil perhitungan, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Hal ini berarti bahwa, gaya belajar dapat menentukan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 05 Nov 2014 02:13 |
Last Modified: | 05 Nov 2014 02:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/129 |
Actions (login required)
View Item |