PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA LANSIA (STUDI KASUS DI DESA BESOLE TULUNGAGUNG)

SURYA SINADA, 17201153343 (2019) PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA LANSIA (STUDI KASUS DI DESA BESOLE TULUNGAGUNG). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI .pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (976kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Pada Lansia (Studi Kasus di Desa Besole Tulungagung” ini ditulis oleh Surya Sinada, NIM. 17201153343, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Luluk Atirotu Zahroh, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran, Membaca Al-Qur’an, Lansia Al-Qur’an adalah Al-Qur`an adalah sumber agama (juga ajaran) Islam pertama dan utama, merupakan kitab suci yang memuat firman–firman (wahyu) Allah. Akan tetapi pada kenyataannya banyak umat islam yang masih belum bisa membaca Al Qur’an dengan baik dan benar, baik anak-anak, dewasa maupun lansia. Oleh sebab itulah diperlukan adanya pembelajaran membaca Al-Qur’an. Seperti yang dilakukan oleh para lansia di desa Besole kabupaten Tulungagung ada sebuah kegiatan setiap satu minggu sekali yaitu belajar membaca Al-Qur’an yang dilakukan oleh para lansia, para lansia di sana sebagaian masih belum bisa membaca Al-Qur’an dengan benar dan sebagian lagi masih belum bisa membacaAl-Qur’an. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti di Desa Besole Tulungagung karena di Desa ini ada kegiatan belajar membaca Al-Qur’an pada lansia yang kebanyakan kegiatan belajar membaca Al-Qur’an ini dilakukan oleh anak-anak. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana metode pembelajaran membaca al-Qur’an pada lansia di desa Besole Tulungagung (2) Bagaimana hambatan dan pendukung dalam pembelajaran membaca al-Qur’an pada lansia di desa Besole Tulungagung (3) Bagaimana hasil dari pembelajaran membaca al-Qur’an pada lansia di desa Besole Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif jenis deskriptif studi kasus. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teori interaktif Miles dan Hubermen yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan kredibilitas melalui perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, serta triangulasi metode. Hasil penelitian di Desa Besole Tulungagung tentang strategi ustazah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada lansia yakni: (1) Metode yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada lansia adalah metode sorogan dengan, langkah-langkah kegiatan dengan menggunakan metode sorogan antara lain Dalam kegiatan ini yaitu dengan nderes. Kemudian lansia maju menghadap ke ustazah secara individu dan ustazah mendengarkan serta membetulkan bacaan yang salah dan evaluasi. (2) Dalam kegiatan ini pendukung kegiatan antara lain media yang digunakan bermacam macam. Faktor psikologi lansia itu sendiri, adanya tensi darah. faktor penghambatnya yang berupa kesehatan lansia itu sendiri, kondisi fisik lansia (3) Hasil dari kegiatan belajar ini adalah peningkatan kemampuan membaca Al Qur’an para lansia, yaitu peningkatan kemampuan membacahuruf maupun tajwidnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153343 SURYA SINADA
Date Deposited: 10 Oct 2019 06:40
Last Modified: 10 Oct 2019 06:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12903

Actions (login required)

View Item View Item