SIVANA ZIZI MASRURIN, 17201153247 (2019) INOVASI PROGRAM 3 IN 1 UNTUK MEWUJUDKAN MADRASAH UNGGUL (STUDI KASUS DI MA MAARIF UDANAWU BLITAR). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (788kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (586kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (239kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Sivana Zizi Masrurin. NIM 17201153247. Inovasi Program 3 in 1untuk Mewujudkan Madrasah Unggul (Studi Kasus di MA Maarif Udanawu Blitar). Skripsi. Tulungagung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Dr. Muhammad Zaini, MA. Kata Kunci : Inovasi, Program 3 in 1, Madrasah Unggul. Hari ini dunia pendidikan mengalami kesenjangan mengenai produk pendidikan itu sendiri. Madrasah saat ini dianggap hanya mempelajari agama dan kurang efektif dalam menentukan masa depan mutu pendidikan. Hadirnya Progam Inovasi Madrasah Aliyah Keterampilan sangat relevan didirikan untuk meningkatkan daya saing lulusan pendidikan melalui pembekalan life skills, science, dan religious. Berkaitan dengan ini perlu adanya suatu pembahasan tentang inovasi sistem pendidikan madrasah untuk meningkatkan sumber daya manusia, agar madrasah tidak lagi dipandang hanya sebagai sekolah agama yang sudah tidak relevan lagi dengan kondisi abad ini. Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pelaksanaan inovasi program 3 in 1 di MA Maarif Udanawu Blitar?; (2) Bagaimana hambatan inovasi program 3 in 1 di MA Maarif Udanawu Blitar?; (3) Bagaimana dampak inovasi program 3 in 1 di MA Maarif Udanawu Blitar?. Adapun tujuan penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan program 3 in 1 di MA Maarif Udanawu Blitar?; (2) Untuk mendeskripsikan hambatan program 3 in 1 di MA Maarif Udanawu Blitar?; (3) Untuk mendeskripsikan dampak program 3 in 1 di MA Maarif Udanawu Blitar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah deskripsi studi kasus. Sumber data Kepala Madrasah, Guru, siswa, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi penelitian, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan kredibilitas (pemeriksaan teman sejawat, perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi), keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian. Pertama, Proses Pelaksanaan Inovasi Program 3 In 1 untuk Mewujudkan Madrasah Unggul di MA Maarif Udanawu Blitar melalui: program life skills/ keterampilan (TKJ, otomotif, desain grafis, tata busana, tata boga, tata rias, dan operator komputer) , program religius: madikarama (madrasah diniyah remaja), dan program sains: exellent program. Kedua, Hambatan program keterampilan berupa kurangnya sarana prasarana, SDM, hambatan program exellent dan religius berupa hambatan praktis yakni mengenai waktu yang kurang lama, dan regenerasi lambat, Ketiga, Dampak spesifik program 3 in 1 program skill; integrasi SDM, dan branding madrasah, dampak program exellent; integrasi intelektual, dampak program religius berupa integrasi sosio-religius. Sedangkan dampak general program 3 in 1 adalah branding madrasah, mencetak lulusan yang religius dan berdaya saing. Program 3 in 1 ini merupakan salah satu kebaharuan dalam inovasi program pendidikan karena belum ada di penelitian sebelumnya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153247 SIVANA ZIZI MASRURIN |
Date Deposited: | 13 Aug 2019 07:05 |
Last Modified: | 13 Aug 2019 07:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12929 |
Actions (login required)
View Item |