PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS PERMUKAAN KUBUS DAN BALOK KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 BANDUNG TULUNGAGUNG

ANI SETYANINGSIH, 17204153252 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS PERMUKAAN KUBUS DAN BALOK KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (390kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (207kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (991kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (953kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Materi Luas Permukaan Kubus dan Balok Kelas VIII di SMP Negeri 3 Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Ani Setyaningsih, NIM 17204153252, pembimbing Musrikah, M.Pd. Kata Kunci :Model Brain Based Learning, Minat, Hasil, Luas Permukaan Kubus Dan Balok Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran brain based learning terhadap minat dan hasil belajar siswa. Kajian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa.Siswa hanya cenderung menerima pelajaran daripada menemukan sendiri, sehingga pencapaian belajar menjadi kurang maksimal.Dengan demikian diperlukan model pembelajaran yang memungkinkan mereka menemukan sendiri dengan mengoptimalkan fungsi otak. Salah satu model pembelajaran yang dapat dipilih yaitubrain based learning. Pembelajaran ini merupakan pembelajaran yang diselaraskan dengan cara otak yang didesain secara alamiyah untuk belajar. Proses pembelajaran berlangsung alamiyah dalam bentuk kegiatan siswa mengalami, bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa. Tujuan penelitian ini adalah1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran brain based learning terhadap minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandung Tulungagung, 2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran brain based learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandung Tulungagung, 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran brain based learning terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya eksperimen semu (Quasi Experiment). Variabel bebas pada penelitian ini yaitu model pembelajaran brain based learning sedangkan variabel terikatnya yaitu minat dan hasil belajar siswa. Populasinya merupakan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandung yang berjumlah 105 siswa yang terdiri dari 4 kelas.Teknik sampling yang digunakan yaitu purposivesampling.Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII C berjumlah 26 siswa dan kelas VIII D berjumlah 26 siswa.Metode pengumpulan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi.Uji analisis datanya menggunakan manova. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran brain based learningterhadap minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandung. Hal ini berdasarkn pengujian hipotesis menggunakan test of between subject effect diperoleh nilai signifikansi 0,015. 2) Ada pengaruh model pembelajaran brain based learningterhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandung. Hal ini berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan test of between subject effect diperoleh nilai signifikansi 0,033. 3) Ada pengaruh model pembelajaran brain based learning terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandung. Hal ini berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan multivariate test dengan nilai signifikansi Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace dan Roy’s Largest Root sebesar 0,016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153252 ANI SETYANINGSIH
Date Deposited: 13 Aug 2019 06:42
Last Modified: 13 Aug 2019 06:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12930

Actions (login required)

View Item View Item