UMI NUR CHASANAH, 17201153265 (2019) MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN METODE MURAJA’AH STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AL-HIDAYAH PLOSOKANDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (663kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (596kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Menghafal Al-Qur’an dengan Metode Muraja’ah Studi Kasus di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hidayah Plosokandang Tulungagung” ini ditulis oleh Umi Nur Chasanah. Dibimbing oleh Muhammad Ridhlo Al Qodri Sri Utomo, M.A Kata kunci: Menghafal Al-Qur’an, Metode Muraja’ah. Al-Qur’an adalah sumber utama ajaran Islam dan pedoman hidup bagi setiap muslim. Pondok pesantren tahfidzul qur’an, yaitu pondok pesantren yang mengkhususkan diri dalam mempelajari ilmu-ilmu Al-Qur’an, pondok pesantren khusus menghafal Al-Qur’an yang mana setiap lembaga pendidikannya mempunyai karakteristik masing-masing dalam proses pembelajarannya dan terkhusus pada metode-metode yang digunakan dalam pendidikan penghafalan untuk menghasilkan para penghafal Al-Qur’an yang berkualitas. Fokus penelitian yang akan diuji dalam penelitian adalah: 1) Proses menghafal Al-Qur’an dengan metode muraja’ah studi kasus di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hidayah Plosokandang Tulungagung? 2) Pelaksanaan menghafal Al-Qur’an dengan metode muraja’ah studi kasus di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hidayah Plosokandang Tulungagung? 3) Hasil menghafal Al-Qur’an dengan metode muraja’ah studi kasus di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hidayah Plosokandang Tulungagung? Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui proses menghafal Al-Qur’an dengan metode muraja’ah studi kasus di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hidayah Plosokandang Tulungagung. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan menghafal Al-Qur’an dengan metode muraja’ah studi kasus di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hidayah Plosokandang Tulungagung. 3) Untuk mengetahui hasil menghafal Al-Qur’an dengan metode muraja’ah studi kasus di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hidayah Plosokandang Tulungagung. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara peneliti lakukan kepada pengasuh dan beberapa santri yang menghafalkan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hidayah Plosokandang. Hasil temuan penelitian menunjukkan: 1)Proses menghafal Al-Qur’an dengan metode muraja’ah studi kasus di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hidayah Plosokandang Tulungagung, yaitu dengan menggunakan sistem satu hari satu halaman atau lebih sesuai dengan kemampuan santri. Didalam proses menghafal Al-Qur’an tentunya harus ada niat yang ikhlas, meminta izin kepada orang tua, memiliki tekat yang besar, kuat, dan istiqamah. 2) Pelaksanaan menghafal Al-Qur’an dengan metode muraja’ah studi kasus di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hidayah Plosokandang Tulungagung, yaitu setoran (memuraja’ah) hafalan baru kepada bu Nyai atau pak Kyai, memuraja’ah hafalan lama kepada bu Nyai atau pak Kyai, memuraja’ah hafalan lama kepada sesama tahfidz. Di dalam sebuah pelaksanaan metode, tentunya tidak lepas dari faktor penghambat maupun pendukung dari sebuah pelaksanaan metode tersebut. Diantara hambatan-hambatan tersebut antara lain: Malas, lelah, ayat yang dihafal lupa, lawan jenis. Dimana ada hambatan pasti ada solusinya, yaitu memotivasi diri sendiri, tempat menghafal dan memuraja;ah hafalan, manajemen waktu, dan yang terpenting istiqamah memuraja’ah. 3) Hasil menghafal Al-Qur’an dengan metode muraja’ah studi kasus di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hidayah Plosokandang Tulungagung, yaitu dengan menghafal satu hari satu pojok atau satu halaman sehingga hafalan santri tambah lebih baik dan benar. Sedangkan metode muraja’ah dapat membantu menguatkan hafalan para santri.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153265 UMI NUR CHASANAH |
Date Deposited: | 21 Aug 2019 04:21 |
Last Modified: | 21 Aug 2019 04:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12931 |
Actions (login required)
View Item |