STRATEGI GURU DALAM MENGATASI BULLYING SISWA DI MI PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN TANEN REJOTANGAN TULUNGAGUNG

FINA ISMATUL MAULA, 17205153090 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI BULLYING SISWA DI MI PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN TANEN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Mengatasi Bullying Siswa di MI PSM Tanen Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Fina Ismatul Maula, NIM 17205153090, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Muh. Basuni, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Bullying Siswa Bullying merupakan suatu perilaku yang dilakukan oleh seseorang yang merasa kuat terhadap orang yang lebih lemah. Kemudian perbuatan tersebut menimbulkan efek negatif bagi orang yang lemah tersebut seperti tertekan, tertindas dan terkucilkan. Tindakan bullying ini dapat terjadi kapanpun dan dimanapun. Bahkan terkadang tindakan tersebut tidak diketahui oleh sebagian orang. Di zaman modern seperti sekarang ini, banyak anak usia sekolah dasar yang melakukan tindakan bullying. Tindakan bullying ini terjadi karena kurangnya kasih sayang dan perhatian dari orang tua. Peneliti ingin menggali mengenai strategi guru dalam mengatasi bullying siswa di MI PSM Tanen Rejotangan Tulungagung. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk-bentuk bullying yang terjadi di MI PSM Tanen Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2018/2019? (2) Apa saja penyebab terjadinya bullying siswa yang terjadi di MI PSM Tanen Rejotangan Tulungagung 2018/2019? (3) Bagaimana solusi dalam mengatasi bullying siswa di MI PSM Tanen Rejotangan Tulungagung 2018/2019? Penelitian ini dilakukan di MI PSM Tanen Rejotangan Tulungagung 2018/2019. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, siswa kelas satu sampai kelas enam dan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Sumber data primer adalah kepala madrasah, guru dan siswa. Data sekunder yaitu raport, jurnal guru, dan catatan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu: Kredibilitas (credibility), uji kredibilitas data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, trianggulasi sumber, dan pengecekan teman sejawat, keteralihan (Transferability), keterkaitan (Dependability), dan uji kepastian atau objektivitas (confirmability). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bentuk-bentuk bullying siswa yang terjadi adalah bullying fisik berupa mendorong, perkelahian dan menjegal kaki, kemudian bullying verbal berupa berkata kotor, menjuluki dan meneriaki, yang terakhir bullying mental berupa mengucilkan, menggunjingkan dan mengancam, (2) penyebab terjadinya bullying siswa adalah mencari perhatian atau kurang perhatian dari orang tua, karakter individu dan senioritas, (3) solusi guru dalam mengatasi bullying siswa adalah dengan memberikan nasihat dengan sabar, melakukan pengawasan, memberikan pengertian bagaimana kalau sang pelaku bullying beralih posisi menjadi korban bullying dan memberikan contoh bagaimana cara kita berteman baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153090 FINA ISMATUL MAULA
Date Deposited: 10 Sep 2019 02:23
Last Modified: 10 Sep 2019 02:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12939

Actions (login required)

View Item View Item