SITI KHOIRIYAH HASNA’ASSA’DIYAH, 17205153211 (2019) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN SISWA DI MIN 4 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (729kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (571kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (190kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (691kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (708kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (528kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (528kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (416kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam Meningkatkan Nilai-nilai Keagamaan di MIN 4 Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” di tulis oleh Siti Khoiriyah Hasna’Assa’Diyah, NIM. 17205153211, pembimbing Dr. M. Muntahibun Nafis, M.Ag. Kata Kunci : Peran Guru, Nilai-Nilai Keagamaan Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fakta dan fenomena yang terjadi saat ini, mayoritas guru disekolah hanya sebagai pengajar. Dan yang sebenarnya seorang pendidik diharapkan mampu dan bisa menanamkan nilai-nilai keagamaan pada peserta didik. Dengan demikian nilai-nilai keagamaan tidak sekedar pembelajaran teori di dalam kelas, melainkan bisa tercemin pada perilaku siswa sehari-harinya di sekolah maupun di luar sekolah. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran nilai-nilai keagamaan siswa di MIN 4 Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru dalam meningkatkan nilai-nilai keagamaan siswa di MIN 4 Tulungagung? (3) Bagaimana hambatan guru dalam meningkatkan nilai-nilai keagamaan siswa MIN 4 Tulungagung? Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran nilai-nilai keagamaan siswa di MIN 4 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan nilai-nilai keagamaan siswa di MIN 4 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui apa saja hambatan guru dalam meningkatkan nilai-nilai keagamaan siswa MIN 4 Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana peneliti harus melibatkan diri mereka sebagai instrumen. Tekhnik pengumpulan data berupa observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Paparan data dan analisis data dengan tekhnik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, trianggulasi sumber, triangulasi teknik, dan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan berdasarkan paparan data dapat ditarik kesimpulan bahwa : (1) guru memberikan contoh kepada siswa untuk berperilaku jujur, disiplin, dan sopan yang tujuannya agar menerapkan perilaku tersebut diluar kelas maupun di luar sekolah. (2) guru berperan sebagai pendidik, pemimbing, penasehat, fasilitator, dan inovator dalam meningkatkan nilai-nilai keagamaan dengan mengajak siswa untuk berperilaku baik/ berakhlak yang mulia. Dalam peran yang dimiliki seorang guru, mereka juga memberikan kegiatan keagamaan pada siswa diantaranya : kegiatan shalat dhuha dan dhuhur berjama’ah, setiap hari sebelum masuk di kelas melakukan pembiasaan menghafal surat pendek, menghafal asmaul husna, dan setelah melakukan pembiasaan siswa beserta guruguru melakukan sholat dhuha berjamaah dan setelah itu siswa melaksanakan pembiasaan tahfid dan tartil Al-Qur’an. (3) Hambatan guru dalam meningkatkan nilai-nilai keagamaan kepala madrasah yang sering dinas keluar sehingga kepala madrasah kurang maksimal dalam mengawasi kegiatan anak didik di sekolah, masih terdapat wali murid yang sulit untuk diajak bekerja sama, gurunya sendiri terkadang bosan dengan siswa yang bandel, latar belakang anak didik yang berbeda-beda yang menjadi faktor penghambat utama, dan peralaratan yang kurang memenuhi meskipun sudah tersedia.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153211 SITI KHOIRIYAH HASNA’ASSA’DIYAH |
Date Deposited: | 22 Aug 2019 02:53 |
Last Modified: | 22 Aug 2019 02:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12941 |
Actions (login required)
View Item |