SITI NORCHOLIFAH, 17205153141 (2019) PEMBIASAAN BERIBADAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI PADA SISWA DI MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (719kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (174kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (132kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Siti Norcholifah, NIM. 17205153141, “Pembiasaan Beribadah dalam Membentuk Karakter Islami Siswa di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung Dosen Pembimbing: Prof. Dr. H.Imam Fuadi M.Ag. NIP. 19690331 199403 1 002 Kata kunci: Pelaksanaan Pembiasaan, Karakter Islami, Peserta didik. Konteks penelitian ini adalah rendahnya perhatian seseorang dalam pelaksanaan pendidikan Islam di zaman modern ini. Khususnya para pelajar yang sekarang ini sangat rendah tentang wawasan keagamaan maupun nilai-nilai pelaksanaan pembiasaan dalam beribadah dalam mewujudkan karakter islami peserta didik di lingkungan lembaga pendidikan Islam. Pertanyaan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pembiasaan beribadah yang dapat membentuk karakter Islami siswa di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. 2) Bagaimana hambatan yang dihadapi dalam membentuk karakter Islami melalui pembiasaan beribadah di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. 3) Bagaimana solusi dalam mengatasi hambatan pembentukan karakter Islami siswa melalui pembiasaan beribadah di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung? Adapun tujuan tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk Untuk mendeskripsikan pembiasaan beribadah yang dapat membentuk karakter Islami pada siswa di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. 2) Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi dalam membentuk karakter Islami melalui pembiasaan beribadah pada siswa di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. 3) Untuk mendeskripsikan solusi dalam mengatasi hambatan pembentukan karakter Islami siswa melalui pembiasaan beribadah pada siswa di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. Manfaat dari hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan untuk memperkaya khasanah pengetahuan yang berkaitan dengan pembiasaan beribadah dalam membentuk karakter Islami siswa. Selain itu dapat pula dijadikan masukan secara teori maupun praktek dalam pencetusan pemikiran baru pada pembiasaan beribadah dalam membentuk karakter Islami siswa. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengetahui lebih dekat tentang obyek yang sedang diteliti, wawancara digunakan untuk mengetahui atau menemukan permasalahan secara terbuka di MI Tarbiyatussibyan, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data-data dengan jalan menyelidiki dokumen-dokumen yang sudah ada dan merupakan tempat untuk menyiapkan sejumlah data agar peneliti mendapat informasi secara maksimal yang dapat menggambarkan kondisi obyek yang diteliti dengan benar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan Pembiasaan beribadah dalam membentuk karakter Islami siswa di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung yaitu: 1) Pelaksanaan pembiasaan beribadah yang diterapkan di MI tarbiyatussibyan dilakukan sejak dini yang berupa pembiasaan membaca Al-Qur’an, hafalan surat pendek, hafalan doa, shalat sunnah, shalat berjamaah, dan shalat wajib dengan menggunakan berbagai macam cara/strategi agar peserta didik tidak merasa bosan atau jenuh untuk melakukannya. 2) Dalam pelaksanaan ibadah, guru yang ada memberikan suri tauladan/uswah tentang cara ibadah yang baik dan benar. Guru tidak hanya sebagai pengawas akan tetapi terjun langsung bersama peserta didik di lapangan. Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam membentuk karakter Islami melalui pembiasaan beribadah di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung yaitu: Berasal dari peserta didik, dimana saat pembiasaan berlangsung terdapat beberapa peserta didik yang kurang bersemangat dalam pelaksaan pembiasaan beribadah, selain itu sarana dan prasarana terutama masjid menjadi hambatan dalam pelaksanaan pembiasaan beribadah. Solusi dalam mengatasi hambatan pembentukan karakter Islami siswa melalui pembiasaan beribadah di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung yaitu: Segala kegiatan lebih difokuskan pada peserta didik dengan cara mengingatkan setiap saat untuk melakukan ibadah, memotivasi dan memberi penjelasan pentingnya ibadah dilakukan. Selain itu dalam pelaksanaan pembiasaan beribadah guru juga mendampingi peserta didik dan memberikan hukuman kepada peserta didik yang tidak melaksanakan ibadah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153141 SITI NORCHOLIFAH |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 03:41 |
Last Modified: | 20 Aug 2019 03:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12958 |
Actions (login required)
View Item |