ELA NUR AFIFAH, 17402153165 (2019) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UKM YANG TELAH BERSERTIFIKASI HALAL MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Usaha Home Industri Kelapa Lestari, Blitar). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (494kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan pada UKM yang telah Bersertifikasi Halal Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Usaha Home Industri Kelapa Lestari, Blitar)” ini ditulis oleh Ela Nur Afifah, NIM. 17402153165, dengan dosen pembimbing Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dunia bisnis yang mengalami pertumbuhan cukup tinggi, sehingga akan menimbulkan adanya persaingan dalam memperebutkan pagsa pasar dan konsumen. Hal ini mengharuskan pelaku usaha untuk membuat berbagai macam ide kreatif dan membuat inovasi baru untuk menarik minat konsumen agar tertarik pada produk yang ditawarkan. Disini home industri “Kelapa Lestari” menggunakan strategi produk bersertifikasi halal untuk meningkatkan penjualan produknya karena mayoritas masyarakat Indonesia adalah muslim. Fokus dalam penelitian ini adalah: Bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan produk yang telah bersertifikasi halal pada home industri “Kelapa Lestari” menurut perspektif ekonomi Islam? Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan produk yang telah bersertifikasi halal pada home industri “Kelapa Lestari” menurut perspektif Ekonomi Islam. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan data yang diambil adalah dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan pemilik usaha, karyawan, distributor, dan konsumen home industri “Kelapa Lestari”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa home industri “Kelapa Lestari” menerapkan strategi pemasaran bauran pemasaran yang terdiri dari empat variabel yaitu produk, harga, lokasi, dan promosi. Adapun strategi produk (product) yang dilakukan yaitu dengan menjaga kualitas dan mutu produk melalui pemilihan bahan secara selektif, memperhatikan cita rasa produk, menjamin kehalalan produk, memberi kejelasan informasi produk, dan mengembangkan variasi produk. Selanjutnya strategi harga (price) yaitu penetapan harga adil sesuai dengan kualitas produk, permintaan konsumen, melakukan segmentasi demografis, dan tidak menaikkan harga dengan adanya pengurusan sertifikasi halal. Strategi promosi (promotion) yang dilakukan melalui media sosial yaitu facebook, instagram, dan whatsapp, serta melalui pameran seperti yang diadakan Disperindag dan Dinas Koperasi. Promosi dilakukan dengan memberi tester, menonjolkan label halal dan nilai gizi. Kemudian strategi lokasi/saluran distribusi (place) yaitu dengan menjaga kebersihan lokasi pengolahan, pengemasan, dan penjualan. Sedangkan dalam pendistribusian produk dilakukan melalui penjualan pribadi maupun perantara distributor dengan menerapkan segmentasi geografis secara adil. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Produk Bersertifikasi Halal, Tingkat Penjualan, Ekonomi Islam
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 17402153165 ELA NUR AFIFAH |
Date Deposited: | 16 Aug 2019 07:37 |
Last Modified: | 16 Aug 2019 07:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12990 |
Actions (login required)
View Item |