Zahrotu Zakiyah, 17401153042 (2019) STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN ANGGOTA TERHADAP PRODUK TABUNGAN UMUM SYARIAH. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (920kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (510kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (613kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (369kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran dalam Membangun Kepercayaan Anggota terhadap Produk Tabungan Umum Syariah (Studi Kasus di BMT UGT Sidogiri Cabang Lodoyo dan Koperasi Syariah Podojoyo Srengat)”. Ini diteliti oleh Zahrotu Zakiyah NIM 17401153042 dengan dosen pembimbing Bapak Muhamad Aqim Adlan, M.E.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan jumlah anggota produk TUS yang ada di kedua lembaga itu lebih banyak diminati masyarakat daripada produk tabungan lainnya. Sehingga dengan meningkatnya kecenderungan inilah yang menjadi motivasi peneliti untuk meneliti bagaimana strategi pemasaran yang mereka terapkan untuk memperoleh calon penabung dan jumlah saldo tabungan yang tiap tahunnya selalu mengalami kenaikan. Fokus penelitian ini adalah: bagaimana penerapan strategi pemasaran produk TUS dalam membangun kepercayaan anggota di dua lembaga tersebut?; apa kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan strategi pemasaran untuk membangun kepercayaan anggota produk TUS di dua lembaga tersebut?; bagaimana solusi yang dilakukan dua lembaga tersebut untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan strategi pemasaran untuk membangun kepercayaan anggota produk TUS?. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data ini diperoleh peneliti melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan model interaktif. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan strategi pemasaran yang dilakukan BMT UGT dengan melakukan strategi penetrasi pasar, strategi pengembangan produk, dan strategi pengembangan pasar. Sedangkan Kopsyah Podojoyo hanya melakukan strategi pengembangan produk. Kendala internal BMT UGT meliputi kesulitan dalam penempatan posisi karyawan ketika dilakukan rotasi pekerjaan dan minimnya sumber pendanaan, kendala eksternalnya meliputi persaingan dari lembaga keuangan lain dan adanya isu negatif mengenai perkoperasian. Kendala internal Kopsyah Podojoyo meliputi kurangnya SDM, minimnya sumber pendanaan, dan minimnya inovasi produk. Kendala eksternalnya meliputi persaingan dari lembaga keuangan lain dan minimnya anggota mengetahui produk tabungan lainnya. Solusi dari kendala internal BMT UGT adalah membuat program pengembangan SDM sebelum dilakukan rotasi pekerjaan, serta peminjaman modal ke kantor cabang BMT UGT yang lain. Solusi dari kendala eksternalnya meliputi memunculkan produk baru untuk mengimbangi lembaga keuangan lainnya dan memberi pemahaman yang benar kepada anggota. Solusi dari kendala internal Kopsyah Podojoyo adalah menambah tenaga kerja baru, bekerjasama dengan PINBUB Tulungagung, dan merencanakan adanya produk baru. Solusi eksternalnya adalah pendekatan dengan anggota, pengenalan produk kepada anggota dan meningkatkan pengetahuan SDM terkait produk koperasi. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Kepercayaan Anggota
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 17401153042 Zahrotu Zakiyah |
Date Deposited: | 16 Aug 2019 02:03 |
Last Modified: | 16 Aug 2019 02:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13023 |
Actions (login required)
View Item |