Penerapan Pendekatan PAIKEM Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII-A MTsN Langkapan

Kholifah, Siti Nur (2014) Penerapan Pendekatan PAIKEM Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII-A MTsN Langkapan. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
2. AWAL.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (11kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Pendekatan Paikem, Pemahaman, dan Himpunan. Penelitian dalam skripsi ini diambil dengan pertimbangan banyaknya masalah yang terjadi dalam pendidikan matematika di Sekolah yang pada umumnya proses pembelajaran di Kelas, dimana seorang guru menyampaikan materi sedangkan siswa mendengarkan. Oleh sebab itu, perlunya seorang guru kreatif dalam menentukan metode pembelajaran dengan pendekatan siswa yang aktif, inovatif, kreatif, afektif dan menyenangkan dalam pembelajaran matematika. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan PAIKEM yang dapat meningkatkan pemahaman materi Himpunan pada siswa kelas VII-A MTsN Langkapan-Srengat-Blitar. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa kata-kata atau angka yang dijabarkan dalam kalimat. Tahapan pelaksanaan penelitian ini dimulai dari observasi awal. Setelah dilakukan refleksi, maka disusunlah rencana tindakan Siklus I yang dilanjutkan dengan pelaksanaan rencana tindakan, observasi, dan refleksi. Tahap pelaksanaan penelitian tersebut dilakukan sampai siklus II. Peneliti mengobservasi aktivitas siswa dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi. Peneliti juga melihat aspek kognitif yang diukur dengan lembar observasi. Hasil lembar observasi guru terhadap aktivitas pembelajaran siswa yang dilakukan guru selama proses belajar mengalami peningkatan siklus I sebesar 80% dan pada siklus II 92,5%. Sedangkan proses keterlibatan siswa dalam pembelajaran yang menggunakan pendekatan PAIKEM pada siklus I sebesar 76% dan siklus II sebesar 84%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada aspek kognitif ketuntasan belajar siswa sebelum peneliti adalah 68,89% dan pada siklus I adalah 75,56%. Pada siklus I sesungguhnya sudah memenuhi standar KKM, yaitu 75% tetapi nilai sangat masih mendekati KKM sehingga peneliti memutuskan untuk melanjutkan pada siklus II yang akhirnya mendapatkan nilai sebesar 93,33%. Hasil observasi guru menunjukkan bahwa ada peningkatan belajar siswa dengan rata-rata presentase keberhasilan yang mengalami peningkatan aktivitas guru dan siklus I ke siklus II sebesar 12,5% dan proses keterlibatan siswa dalam pembelajaran menggunakan pendekatan PAIKEM sebesar 8%. Sedangkan dari aspek kognitif rata-rata presentase keberhasilannya mengalami peningkatan sebesar 17,77%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 05 Nov 2014 03:21
Last Modified: 05 Nov 2014 03:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/131

Actions (login required)

View Item View Item