AZKA NABILLA, 17402153279 (2019) STRATEGI PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN BERDASARKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Blitar). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (962kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (757kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (138kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (40kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (140kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Peningkatan Kinerja Pegawai dalam Memberikan Pelayanan berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam (pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Blitar)” ditulis oleh Azka Nabilla, NIM 17402153279. Pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) yang saat ini begitu pesat perkembangannya, tidak bisa dipungkiri bahwa seluruh aktivitas dan kegiatan perusahaan pasti melibatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Sebagai salah satu unit pelayanan masyarakat maka SDM dituntut untuk meningkatkan kualitasnya agar mampu bersaing di era 4.0 ini. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi peningkatan kinerja pegawai Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Blitar dalam memberikan pelayanan kepada satuan kerja? (2) Bagaimana kendala pegawai Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Blitar dalam memberikan pelayanan kepada satuan kerja. Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala dan strategi yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja pegawai KPPN Blitar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif (field research). Data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer maupun sekunder, data ini diperoleh peneliti melalui Observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan model deskriptif analitik. Hasil penelitian ditemukan bahwa Strategi pimpinan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Blitar dalam meningkatkan kinerja melalui faktor kemampuan dan motivasi. Berdasarkan faktor kemampuan beberapa program pembinaan diantaranya ada Morning Breafing, Dialog Kinerja Organisasi, Coaching anda Conseling (CNC), dan pelatihan-pelatihan. Sedangkan faktor motivasi yang diterapkan adalah pemberian apresiasi kepada para pegawai yang memiliki prestasi atau kinerja yang baik. Apresiasi tersebut berbentuk finansial dan non finansial. Selanjutnya untuk kendala yang dialami pegawai dalam memberikan pelayanan ada diantaranya ketika jaringan di KPPN Biltar rusak, terbatasnya petugas, dan adanya perubahan peraturan dari pusat. Kemudian berkaitan dengan perspektif ekonomi islam, bekerja merupakan sebagai bentuk beribadah kepada Allah SWT, dan seperti kegiatan di KPPN Blitar yang berjalan tidak hanya terfokus pada pekerjaan kantor saja, akan tetapi ada kegiatan ibadah juga dijalankan. Kata Kunci : Strategi, Kinerja, Pelayanan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | S.E. 17402153279 Azka Nabilla |
Date Deposited: | 21 Aug 2019 01:58 |
Last Modified: | 21 Aug 2019 01:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13117 |
Actions (login required)
View Item |