MOHAMMAD HASAN RIDHO, 1721143257 (2019) STRATEGI PENINGKATAN KEDISIPLINAN BERIBADAH SISWA DI SMAN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (491kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (252kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (54kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (932kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Peningkatan Kedisiplinan Beribadah Siswa di SMAN 1 Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Mohammad Hasan Ridho, NIM 1721143257, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, 2018, dosen pembimbing: Dr. Fathul Mujib, M. Ag. NIP. 19750523 200604 1 002 Kata Kunci : Strategi, Kedisiplinan Beribadah Siswa Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya berbagai kegiatan kedispilinan beribadah yang diterapkan disekolah SMAN 1 Ngunut yang berbasis umum ini memiliki ketekunan pembiasaan beribadah yang sekalipun tidak kalah dengan sekolah madrasah yang murni berbasis agama seperti Madrasah Aliyah. Fokus dari penelitian ini, meliputi: (1) Bagaimana strategi yang diterapkan untuk meningkatkan kedisipilinan shalat siswa di SMAN 1 Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana strategi yang diterapkan untuk meningkatkan kedisiplinan membaca Al-Qur’an siswa di SMAN 1 Ngunut Tulungagung? (3) Bagaimana strategi yang diterapkan untuk meningkatkan kedisiplinan infaq shodaqoh siswa di SMAN 1 Ngunut Tulungagung? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi yang diterapkan untuk meningkatkan kedisipilinan shalat, membaca Al Qur’an, dan infaq Shodaqah siswa di SMAN 1 Ngunut Tulungagung. Jenis Penelitan ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data primer, dan sekunder. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Strategi mendisiplinkan ibadah sholat dengan pemberian keteladanan oleh guru dengan mencontohkan dan mengajak siswa untuk sholat berjamaah, membiasakan siswa untuk sholat berjamaah secara tepat waktu dengan membuat penjadwalan sholat berjamaah, dan memberikan peringatan serta teguran bagi siswa yang tidak ikut berjamaah.(2) Strategi mendisiplinkan siswa dalam membaca Al Qur’an dengan keteladanan dan mengajak para siswa untuk membaca Al Qur’an sebelum jam pelajaran dimulai, yang dilakukan dengan pembiasaan secara terus menerus setiap pagi. Pada waktu sholat Jum’at guru mengarahkan bagi siswi untuk tartil disetiap kelas. Pembiasaan membaca Al Qur’an tidak dilakukan disekolahan saja, tetapi dilakukan keliling disetiap rumah siswa setiap hari Sabtu, ditambah dengan kegiatan Yasin dan Tahlil (3) Strategi guru mendisiplinkan infaq sedekah dilakukan dengan pembiasaan setiap hari jumat, yang di bantu oleh pengurus ta’mir masjid, dalam pembiasaannya guru juga memberikan contoh dan juga mengajarkan untuk selalu berbagi bersama, penerapannya tidak ada hukuman karena prinsip dari infaq sedekah adalah keikhlasan dan pemberian reward dilakukan dengan pengumuman kelas yang mengumpulkan infaq sedekah, hal itu memberikan kepuasan tersendiri bagi siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143257 MOHAMMAD HASAN RIDHO |
Date Deposited: | 21 Aug 2019 04:09 |
Last Modified: | 21 Aug 2019 04:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13123 |
Actions (login required)
View Item |