ANI RIZQI IMROATUL KUSNI, 17205153264 (2019) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER ROBOTIK DI MI MUHAMMADIYAH PLUS SUWARU BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (494kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (262kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ani Rizqi Imroatul Kusni, NIM. 17205153264, “Peran Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Ekstrakurikuler Robotik di MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Drs. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata Kunci: Peran Guru, Kreativitas, Ekstrakurikuler Robotik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di lapangan, bahwa guru merupakan orang yang bertanggung jawab atas perkembangan siswa dalam mengembangkan potensi yang dimiliki. Dalam rangka mengembangkan potensi tersebut guru menciptakan wadah yang dinilai mampu menjadi sarana peningkatan kreativitas siswa yaitu kegiatan ekstrakurikuler. Adapun kegiatan ekstrakurikuler yang dikembangkan di MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung adalah ekstrakurikuler robotik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan kreativitas siswa melalui ekstrakurikuler robotik di MI Muhammadiyah Plus Suwaru Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan kreativitas siswa melalui ekstrakurikuler robotik di MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung? (3) Bagaimana peran guru sebagai educator dalam meningkatkan kreativitas siswa melalui ekstrakurikuler robotik di MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipan pasif, dan dokumentasi dengan teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam melakukan teknik pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamat, triangulasi, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan kreativitas siswa melalui ekstrakurikuler robotik: (1) sebagai fasilitator yaitu fasilitas yang disediakan guru sangat membantu siswa dalam menyalurkan ide dan imajinasinya, siswa mengasah kemampuannya dan menuangkan kreativitasnya melalui robotik, terbukti dari hasil robot rakitan siswa. (2) sebagai motivator yaitu motivasi yang diberikan guru melalui dorongan verbal dan menginspirasi siswa dengan kisah inspiratif mendorong siswa untuk terus mengembangkan kemampuannya di bidang robotik, terbukti dari prestasi-prestasi yang telah dicapai oleh siswa. (3) sebagai educator yaitu memberi materi robotik, membimbing dan menjadi teladan bagi siswa dengan mengajarkan kedisiplinan dan tanggung jawab yang dapat mendorong siswa memanfaatkan kegiatan ini untuk mengembangkan potensi dalam diri siswa, potensi yang berkembang berdampak pada peningkatan kreativitas siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153264 ANI RIZQI IMROATUL KUSNI |
Date Deposited: | 22 Aug 2019 04:25 |
Last Modified: | 22 Aug 2019 04:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13140 |
Actions (login required)
View Item |