ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA DALAM TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL

HUSNA KARING, 17210153036 (2019) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA DALAM TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (890kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (368kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (302kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol” ini ditulis oleh Husna Karing, NIM. 17210153036, Pembimbing Bapak Dr. Mohamad Jazeri, S.Ag., M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa siswa sering menganggap tanda baca tidak penting dalam sebuah tulisan sehingga makna dalam sebuah kalimat tidak bisa disampaikan dengan baik. Oleh karena itu, peneliti meneliti tentang kesalahan penggunaan tanda baca agar guru mata pelajaran Bahasa Indonesia memperhatikan penggunaan tanda baca siswa supaya siswa mampu menggunakan tanda baca dengan baik dan benar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) bagaimana bentuk kesalahaan penggunaan tanda siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol? dan (2) faktor apa yang menyebab kesalahan penggunaan tanda baca dalam teks deskripsi siswa keas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan penggunaan tanda baca dalam teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol dan mendeskripsikan faktor penyebab kesalahan penggunaan tanda baca dalam teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol. Skripsi ini bermanfaat bagi guru Bahasa Indonesia sebagai bahan masukan untuk mengevaluasi dan melaksanakan pengajaran Bahasa Indonesia. Bagi siswa dapat membuat karangan dengan baik dan dapat meningkat motivasi belajar dalam mengetahui penggunaan tanda baca dengan baik dan benar. Bagi para pembaca/ peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup bagi peneliti lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari hasil tulisan siswa yaitu teks deskripsi dan hasil wawancara. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan membaca seluruh teks deskripsi yang akan dijadikan objek penelitian, menganalisis tanda baca yang digunakan dalam teks deskripsi dan membatasi sesuai kategori kesalahan serta membuat kesimpulan. Hasil analisis bentuk kesalahan penggunaan tanda baca dalam teks deskripsi siswa bahwa terjadi 39 kesalahan yang terdiri dari 13 kesalahan penggunaan tanda titik (.), 7 kesalahan penggunaan tanda koma (,), 18 kesalahan penggunaan tanda hubung (-), dan 1 kesalahan penggunaan tanda miring (/). Dalam peneitian ini, peneliti menemukan beberapa faktor penyebab kesalahan penggunaan tanda baca, yaitu siswa kurang terbiasa menggunakan tanda baca dengan baik dan benar, kurangnya penguasaan dalam penggunaan tanda baca, dan ketidaktelitian siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 17210153036 HUSNA KARING
Date Deposited: 26 Aug 2019 02:11
Last Modified: 26 Aug 2019 02:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13145

Actions (login required)

View Item View Item