AMYDA LILANING HARISTIAN, 17401153421 (2019) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA PRODUK PEMBIAYAAN DI BMT UGT SIDOGIRI KCP SUKOREJO DAN BMT UGT SIDOGIRI KCP KANIGORO. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (441kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (162kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (191kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (282kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif pada Produk Pembiayaan di BMT UGT Sidogiri KCP Sukorejo dan BMT UGT Sidogiri KCP Kanigoro” ini ditulis oleh Amyda Lilaning Haristian, NIM. 17401153421, pembimbing Nur Aziz Muslim, M.HI. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin ramai dan ketatnya persaingan pasar bisnis perbankan yang menyebabkan daya saing pada saat ini merupakan suatu tantangan yang tidak mudah. Tanpa kemampuan dan keunggulan bersaing yang baik produk-produk yang dihasilkan tidak akan mampu bertahan atau bersaing dengan lembaga keuangan lainnya. Maka dari itu, diperlukan strategi pemasaran yang kompetitif dan efektif untuk menghadapi persaingan guna mencapai tujuannya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi pemasaran BMT UGT Sidogiri KCP Sukorejo dan BMT UGT Sidogiri KCP Kanigoro dalam meningkatkan keunggulan kompetitif pada produk pembiayaan yang dipasarkan? (2) Bagaimana efektivitas strategi pemasaran BMT UGT Sidogiri KCP Sukorejo dan BMT UGT Sidogiri KCP Kanigoro dalam meningkatkan keunggulan kompetitif? (3) Apa saja kendala dan solusi BMT UGT Sidogiri KCP Sukorejo dan BMT UGT Sidogiri KCP Kanigoro dalam menjalankan strategi pemasarannya? Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang diambil merupakan data primer dan sekunder, teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi pemasaran yang diterapkan BMT UGT Sidogiri KCP Sukorejo dan BMT UGT Sidogiri KCP Kanigoro dalam meningkatkan keunggulan kompetitif pada produk pembiayaannya menggunakan elemen dan variabel berikut: memilih pasar sasaran, produk, harga, lokasi dan promosi. (2) Strategi pemasaran dinilai lebih berhasil diterapkan pada BMT UGT Sidogiri KCP Kanigoro dibandingkan dengna BMT UGT Sidogiri KCP Sukorejo. Perbedaan efektivitas ini dapat disebabkan oleh kendala yang dialami dalam memasarkan produk. (3) Kendala internal: kurangnya karyawan BMT, solusi yang diterapkan saat ini adalah merangkap pekerjaan karyawan. Kendala eksternal: minimnya pengetahuan masyarakat tentang lembaga keuangan syariah, karakteristik masyarakat kota yang tertutup dan individual, masyarakat telah melakukan pinjaman pada lembaga lain dan adanya pembiayaan tidak lancar, solusinya : dengan mejelaskan akad dan sistem pada BMT, menawarkan keunggulan yang dimiliki, melakukan pendekatan untuk lebih mengenal karakter anggota serta menentukan kebijakan untuk mengurangi resiko pembiayaan. Kata Kunci : Efektivitas, Strategi Pemasaran, Baitul Maal Wat Tamwil
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 17401153421 AMYDA LILANING HARISTIAN |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 04:37 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 04:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13193 |
Actions (login required)
View Item |